Presiden Joko Widodo Resmikan Bandara Nop Goliat, Yahukimo

Jayapura – Dua hari menjelang Selasa (18/10/2016), masyarakat Yahukimo sudah disibukkan untuk menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo. Rasa bangga sering terucap dari orang asli di Dekai. Selain karena dikunjungi oleh orang nomor satu di republik ini, Bandara Nop Goliat Dekai telah membuktikan kualitasnya sebagai bandara yang layak didarati pesawat kepresidenan RI Boeing Jumbo Jet (BJJ).

Pada Minggu (16/10), Pesawat presiden melakukan uji coba pendaratan di lapangan pacu sepanjang 1.950 meter x 30 meter itu.

“Kemarin siang pesawat presiden tes landing jam 11 (siang) dan mendarat dengan baik. Masyarakat senang sekali, sampai ada yang naik pohon, naik ke (atap) rumah-rumah untuk lihat pesawat presiden, begitu juga saat (pesawat) Hercules saat tes lapangan,” kata Bupati Abock Busup kepada Jubi di Dekai, Senin (17/10/2016).

Tiga hari terakhir, lalu lintas pesawat di bandara Nop Goliat yang masuk golongan 3 ini terbilang ramai, mulai dari pesawat kecil sampai Boeing milik TNI AU. “Dan baru sekarang ini juga ada pesawat TNI Boeing mendarat di sini, mengantar ibu Panglima,” kata bupati.

Presiden dijadualkan akan berada di Dekai selama dua jam. Ia akan meresmikan landasan pacu bandara Nop Goliat, melaunching harga bahan bakar, dan menyapa masyarakat di lapangan Yahukimo Bangkit.

“Tujuan kedatangan Pak Presiden untuk meresmikan lapangan terbang, tapi waktu dua jam ini akan diisi juga oleh Pak Presiden untuk menyapa masyarakat. Pertemuan dengan masyarakat ini, Pak Presiden akan bantu bama gratis untuk 1000 warga, pembagian makanan tambahan untuk gizi buruk bagi mama-mama hamil dan anak-anak yang gizi buruk dan ada pesta bakar batu.”

“Pesta bakar batu, Pak Presiden hanya lihat saja. Setelah itu kembali ke bandara dan melanjutkan perjalanan ke Manado, Sulawesi Utara,” jelasnya. (*)

 

Save

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *