RSJD Abepura Siap Deteksi Dini Gangguan Jiwa di 15 Kabupaten

JAYAPURA (HPP) – Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Abepura menyatakan kesiapannya melakukan pendeteksian dini dan penyuluhan gangguan jiwa di 15 kabupaten.

”Kita yakin bisa menjangkau 15 kabupaten yang telah kami rencanakan untuk melaksanakan deteksi dini gangguan jiwa”.

“Sebab seperti diketahui, ternyata masih banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan RSJD Abepura. Sehingga kami merasa perlu semakin gencar berpromosi kepada masyarakat. Supaya pesan keberadaan RSJD Abepura bisa diketahui dan terima oleh masyarakat luas,” terang Direktur RSJD Abepura Daniel Simunapendi, pekan kemarin di Kantor Gubernur Dok II Jayapura.

Dikatakan, RSJD Abepura saat ini memberlakukan pengobatan gangguan jiwa gratis bagi pasien Orang Asli Papua (OAP). Hanya, pengobatan gratis tersebut diperuntukan bagi seluruh masyarakat asli Papua yang tak mampu.

“Tentunya program ini tercover dalam program Kartu Papua Sehat (KPS) sehingga yang berhak mendapat pengobatan gangguan jiwa gratis bagi warga miskin saja,” ucapnya.

Dilain pihak, RSJD Abepura tak hanya memberikan pengobatan gratis, tetapi siap melakukan penjemputan meskipun pasien berada di wilayah kabupaten. Hal tersebut, merupakan komitmen pimpinan daerah dalam upaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat asli Papua.

“Intinya bagi masyarakat yang anggota keluarga terkena gangguan jiwa tinggal melaporkan saja kepada pihak RSJD Abepura. Selanjutnya kami akan turun langsung dan menjemput, lalu melakukan pengobatan hingga sembuh, kemudian diantar kembali ke daerah asalnya”.

“Sebab kita ingin jemput bola di lapangan. Hal ini pula untuk menunjang upaya pembangunan bidang kesehatan di tanah ini sebagaimana yang diinginkan kepala daerah dan masyarakat asli Papua tentunya,”pungkas dia.

Sebelumnya, RSJD Abepura melakukan peluncuran kendaraan Mobile Mental Health Care (MMHC) atau pelayanan kesehatan jiwa bergerak yang dapat melayani pasien gangguan jiwa tanpa harus berkunjung ke rumah sakit.

Peluncuran tersebut bertepatan dengan peringatan hari kesehatan jiwa se – dunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober.

 

Save

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *