Bupati Yalimo, Er Dabi Tutup Usia

Foto Almarhum Er Dabi
Foto Almarhum Er Dabi

JAYAPURA (PB) – Provinsi Papua kembali kehilangan putra terbaiknya. Bupati Yalimo Er Dabi yang baru-baru ini dilantik sebagai pimpinan daerah periode kedua pada Pilkada serentak gelombang pertama, tutup usia sekitarpukul  09.29 Wit di Klinik Base Camp Timika, Rabu (7/12) kemarin.

Kabar duka ini juga mengejutkan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal yang baru-baru saja membuka satu kegiatan di salah satu hotel di Kota Jayapura.

“Saya baru mendapat informasi dari staf. Ini sungguh membuat saya terkejut. Tentunya kami berduka cita yang sedalam-dalamnya,” kata Wagub kepada wartawan, di Jayapura, kemarin siang.

Ia mengaku merasa sangat kehilangan dengan “kepergian” Bupati Er Dabi yang merupakan salah satu tokoh dan figur suku Yali. Apalagi almarhum baru saja mendapat mandat dari masyarakat untuk memimpin yalimo yang kedua kalinya.

“Jelas ini suatu rasa kehilangan yang sangat besar. Tapi Tuhan berbicara lain dan ini kehendak terbaik dari yang diatas. Tapi sebagai masyarakat, saya pribadi dan sekali atas nama pemerintah provinsi sangat berduka cita”.

“Semoga yang bersangkutan diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa. Sementara keluarga yang ditinggalkan, diberi kekuatan dan selalu diberkati oleh Tuhan,” ujar dia.

Sementara Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Papua Israil Ilolu mengatakan, sebelum menghembuskan nafasnya yang terakhir, Bupati Yalimo Er Dabi pada pagi harinya sempat mengeluh dibagian dada sehingga dirujuk ke klinik dekat Bandara Timika Moses Kilangin.

Gubernur Papua Lukas Enembe didampingi Sekda Papua Hery Dosinaen pun sempat menjenguk almarhum sebelum naik pesawat menuju ke Enarotali, Kabupaten Paniai dalam rangka peresmian kantor bupati setempat.

“Namun setelah pesawat hendak terbang, kabar kematian Bupati Yalimo telah sampai ditelinga Gubernur sehingga langsung membatalkan penerbangan,” kata dia.

Ditambahkan dia, saat ini Pemprov Papua masih menunggu informasi dari pihak rumah sakit mengenai penyebab kematian Bupati Yalimo. Pemprov juga masih menunggu informasi tempat perkabungan almarhum.

Almarhum Er Dabi, lahir di Yalimo, Papua, 6 Maret 1967. Saat ini almarhum genap berumur 49 tahun. Beliau adalah Bupati Yalimo periode 2011-2016 yang kembali terpilih pada Pilkada serentak 9 Desember 2015, untuk masa jabatan 2016-2021. (admin)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *