Kemenpar Dukung Festival Budaya Internasional di Papua

Hari Ristanto
Hari Ristanto

JAYAPURA (PB) : Kementerian Pariwisata terus berupaya mendukung festival,  sebagai promosi Wonderfull Indonesian  sekaligus untuk mengejar target 20 Juta wisatawan di 2019  baik yang bertaraf nasional  dan internasional suatu saat digelar di wilayah Provinsi  Papua.

Demikian diutarakan Kasubdit Strategi, Promosi dan Destinasi Kementerian Pariwisata  Hari Ristanto, BBA, MSc dan  Kepala Dinas Pariwisata   Papua Drs. Yoseph IS Matutina, SSos, MSi menabuh Tifa, ketika  membuka Forum Koordinasi  OPD  Bidang Pariwisata Se- Papua di Grand Abe Hotel, Jayapura, Rabu (15/3).

Dikatakan,  Deputy Pemasaran Wisata di Kemenpar  sangat mendukung  penyelenggaraan even, festival, pameran atau promosi   budaya, seni dan wisata.   Apalagi yang  skalanya sudah mendunia.

Untuk itu, terangnya,  pihaknya  mengajak pemerintah daerah, baik Pemprov dan Pemkab/Pemkot diseluruh Papua, jika ada even -even  yang memiliki nilai jual dan masuk skala nasional atau bahkan internasional  segera  report atau laporan  kepada Kemenpar, terutama  mengenai waktu penyelenggaraan.

“Kami akan  membantu mengkoordinasikan untuk urusan   yang namanya event, festival, pameran atau promosi wisata,” katanya.   

Sekedar diketahui,  terdapat  empat  (4) Festival, yang sudah masuk kalender  tahunan pariwisata nasional di Kemenpar. Masing-masing Festival  Biak Munara Wampasi (BMW), Festival Lembah Baliem dan Festival Asmat dan  Festival Crossborder.

Festival BMW menyajikan atraksi budaya menangkap ikan secara tradisional di air laut surut (snap mor), berjalan di atas batu panas (apen byaren), atraski lomba perahu adat Mansusui/Wairon, berkunjungan objek wisata ke pulau Padaido/Aimando, pameran, panggung hiburan serta atraksi tari seni budaya khas Biak. (Admin)

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *