30 Turis Australia Langganan “Surfing” di Wafor

Seorang turis tengah surfing di pantai Wafor
Seorang turis tengah surfing di pantai Wafor

JAYAPURA (PB): Sebanyak 30 turis asal Australia setiap tahun menggelar “surfing” atau berselancar di Pantai Wafor, Kampung Sawarkar, Kabupaten Supiori, Provinsi Papua. “Ya, ketiga puluh turis  manca negara, sebagian besar berasal dari Australia telah jadi pelanggan tetap untuk  berselancar di Wafor,” ujar  Kepala  Dinas Pariwisata Supiori Yustus Amsamsyum, belum lama ini  di   Biak.

Dikatakannya, pihaknya  punya komitmen kuat untuk mengembangkan Pantai Wafor sebagai lokasi  berselancar. Pasalnya,  Pantai Wafor memiliki ombak yang bagus untuk olahraga selancar.
“Ombaknya tak kalah dengan Raja Ampat  yang  dimiliki Provinsi Papua, sehingga ke depan ini akan menjadi destinasi wisata yang baru di Papua,” terangnya.
Yustus menjelaskan, untuk mengembangkan wilayah Pantai Wafor ini, pihaknya akan bekerjasama dengan  Dinas Pariwisata Provinsi Papua.

Dijelaskannya,  pihak  Dinas Pariwisata Provinsi Papua telah memberikan sejumlah dana untuk  membangun  gazebo, cottage, dan hotel di sekitar Pantai Wafor.

Selain Pantai Wafor, terangnya, Pantai Rani juga memiliki keindahan bawah laut yang berpotensi menjadi destinasi wisata baru.
“Kedua tempat ini tengah dipersiapkan untuk menjadi tempat wisata baru yang dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) di wilayah masing-masing,” katanya.

Dia menuturkan, pihaknya juga bersedia jika Pemprov Papua dan KONI Papua menunjuk Supiori sebagai tuan rumah salah-satu Cabor pada PON XX tahun 2020 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Papua Yoseph IS Matutina, SSos, MSi sebelumnya mengungkapkan,  sebagaimana Rencana Induk Pengembangan Pariwisata (RIPPA) Provinsi  Papua tahun 2017, pihaknya serius  mengembangkan Biak Numfor dan Supiori sebagai destinasi wisata Papua kedepan. (Admin)

 

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *