Tahan Imbang Persija, Persipura Tempel Pemuncak Klasemen

Skuad Tim Persipura 2017

JAYAPURA (PB): Tim kebanggaan masyarakat Papua, Persipura Jayapura, berhasil mencuri 1 poin setelah menahan imbang Persija Jakarta dengan skor 1-1 saat bertandang ke Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (8/7) malam. Hasil yang diraih pada laga pekan ke-13 Liga 1 Gojek Traveloka ini mengantar Persipura naik ke posisi kedua menempel pemuncak klasemen  sementara, PSM Makassar yang sama-sama mengoleksi 23 poin namun berbeda selisih gol.

Bentrok Macan Kemayoran dan Mutiara Hitam yang dimulai pukul 18.30 WIB ini memang sangat seru. Sejak awal babak pertama, kedua tim menyajikan permainan terbuka yang enak ditonton pencinta sepak bola tanah air. Pada lima menit awal, Boaz Salossa cs sanggup membuat lini pertahanan belakang Persija kelabakan. Beberapa peluang dimiliki Persipura hampir membobolkan gawang persija yang dijaga Andritany Ardhiyasa.

Tim Persija Jakarta saat memasuki babak kedua laga melawan Persipura Sabtu (8/7) di Stadion Patriot, Bekasi.

Situasi berbalik cepat. Anak-anak asuh Stefano Cugurra Teco membalikan keadaan mengancam gawang Yoo Jae Hoo.  Pada menit ke-12, Bambang Pamungkas hampir membuat Persija membuka keunggulan. Akan tetapi, sang bomber telat menyambut umpan tarik datar dari Rohit Chand.

Boaz Solossa memiliki peluang ketika laga memasuki menit ke-35. Sayangnya, sepakan terukurnya dari luar kotak pinalti masih bisa digagalkan oleh Andritany Ardhiyasa yang berdiri di bawah mistar Persija. Empat menit berselang, giliran tandukan Addison yang masih membentur tiang gawang.

Setelah berlaga tanpa gol di babak kedua, tempo permainan semakin meningkat pada awal 45 menit kedua. Laga baru berjalan empat menit, Persipura membuat seisi stadion terdiam setelah mampu unggul lebih dulu.

Berawal dari aksi Boaz, bola hasil sepakan sang striker masih bisa diselamatkan Andritany. Kendati demikian, Addison mampu dengan cepat menyambar bola rebound untuk merobek gawang Persija.

Addison Alves

Tersentak setelah kecolongan satu gol, Macan Kemayoran meresponnya dengan meningkatkan agresivitas serangan. Hasilnya pun konkret. Pada menit ke-52, tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan. Adalah William Pacheco yang mencatatkan namanya di papan skor.

Hingga akhir laga, tak ada lagi tambahan gol untuk kedua tim. Tambahan satu angka membuat Persija tertahan di posisi ketujuh klasemen sementara dengan torehan 20 angka.

Dalam laga ini, kedua tim masing-masing harus menerima satu kartu merah. Striker Persipura Addison Alves menjadi pemain pertama yang diusir wasit setelah mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-55 karena melakukan tekel keras. Sepuluh menit sebelum laga usai, giliran penyerang Persija Luiz Junior yang mendapat kartu kuning kedua alias kartu merah.

 

Bersyukur

Pelatih Persipura, Wanderley Machado Da Silva saat memberi keterangan pers mengatakan bahwa pertandingan berjalan dengan baik, dimana anak-anak asuhnya sudah menjalankan instruksinya.

“Babak pertama permainan kita belum merata, kemudian kita kasih instruksi di ruang ganti. Akhirnya babak kedua kita kembali ke permainan asli Persipura. Saya tdk mau komen soal wasit, nanti manajemen yang akan tangani itu, saya lihat secara permainan pertandingan berjalan fair,” kata pria asal Brazil ini.

Pelatih Persipura Wanderley Machado Da Silva saat memberi keterangan pers usai laga Persipura vs Persija, Sabtu (8/7).

Sementara itu, Imanuel Wanggai, mewakili pemain Persipura mengatakan kendati tekad mencuri poin penuh guna memuncaki klasemen sementara tidak tercapai, ia bersyukur masih bisa mencuri 1 poin.  “Hasil ini jadi modal menghadapi partai kandang kami. Kami harus menang di kandang nanti,” kata Wanggai.

Bukan perkara mudah mengalahkan tim Persija. Di bawah asuhan Stefano Cugurra Teco, tim kesayangan The JakMania memang menuai hasil positif beruntun sebanyak tujuh kali setelah tiga kali menderita kekalahan beruntun juga. Tercatat empat dari tujuh laga tersebut berhasil diakhiri dengan tiga poin.

Hasil gemilang ini membuat Persija berhasil masuk dalam jajaran papan atas klasemen. Dengan total 19 poin, Persija yang sempat berada di pinggir zona degradasi (peringkat 15) langsung melejit melewati Persib Bandung, Arema, Mitra Kukar, Bali United, dan Barito Putera.

Sedangkan Persipura tak kalah gengsi. Setelah sempat dipermalukan PSM Makassar, 5-1, dan dikalahkan Madura United dengan skor 2-0, tim Mutiara Hitam bangkit kembali. Boas Solossa cs meraih tiga poin dari Persela Lamongan, 0-1.

Masuknya pelatih baru Wanderley Machado Da Silva menggantikan Liestiadi, membangkitkan spirit baru Boaz cs. Persipura mengawali pertandingan dengan manis bersama Wanderley paska libur panjang dengan mengalahkan Mitra Kukar, 6-0 pada Senin (3/7) di Stadion Mandala. (gusty masan raya/dbs)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *