JAYAPURA (PB): Sambut hari jadinya yang ke-44, Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Provinsi Papua menggelar Turnamen Futsal dan Yosim Pancar.

Lomba Futsal dan Yosim Pancar berlangsung dari tanggal 14 sampai 23 Juli 2017 bertempat di Mega Futsal  Abepura Kota Jayapura. Sementara Yospan berlangsung di halaman kantor Gubernur Dok II Jayapura.

Ketua DPD KNPI Papua Max Olua menjelaskan, kegiatan perlombaan ini dalam rangka memeriahkan HUT KNPI ke-44 tahun 2017. “Kegiatan-kegiatan positif seperti olahraga harus dilakukan. Futsal salah satu cabor yang akan dipertandingkan pada PON XX di Papua,” katanya kepada pers.

Oleh karena itu, dirinya meminta agar klub jangan hanya menganggap futsal sebagai ajang untuk mencari juara saja, akan  tetapi tunjukkan permainan yang baik dan menghibur. Selain itu juga untuk menjalin silaturrahmi antarpemuda.

Selain itu, Yosim Pancar merupakan tarian budaya orang Papua. Oleh karena itu wajib bagi orang Papua terus melestarikan budaya Yosim pancar di Bumi Cenderawasih.

Pada kesempatan itu, Ketua KNPI Pusat Rivai Darus dalam arahannya mengatakan Yospan dan futsal sudah menjadi olahraga yang digemari oleh masyarakat Papua.

Dengan demikian, olahraga futsal yang akan menjadi cabor pada PON XX tahun 2020, tugas KNPI untuk menyiapkan pemuda Papua untuk menjadi atlet yang terbaik, guna memperkuat tim futsal Papua di PON tahun XX nantinya.  “Sepak bola dan futsal harus kita juara di PON, kita tuan rumah PON, dua cabor ini harus kita raih medali emas,” tukasnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Papua Doren Wakerkwa yang mewakili Gubernur saat membuka kegiatan Hut KNPI mengatakan, Papua harus bangkit.

Menurutnya, pemuda akan mudah meraih prestasi tanpa minuman keras dan narkoba. “Pemuda hebat tanpa miras dan narkoba,” imbuhnya.

Katanya, KNPI Papua harus menjadi rumah untuk pemuda Papua, jaga pemuda Papua dari bahaya narkoba dan lainnya. “Pesan saya pemuda jangan merusak diri dengan miras, tapi jadilah pemuda yang punya prestasi dan membanggakan Papua di tingkat Nasional melalui olahraga,” bilangnya.

Sedangkan Frangklin Wahei, ketua panitia menyampaikan turnamen futsal tersebut diikuti oleh 108 tim futsal di wilayah Kota Jayapura dan sekitarnya. Sementara lomba yospan akan diikuti 27 tim. Namum panitia masih membuka pendaftaran untuk lomba yospan hingga tanggal 18 Juli mendatang.

Franglin menambahkan total hadiah yang akan diperebutkan tim yospan dan futsal sebesar Rp 120 juta dengan rincian juara pertama Rp 15 juta, juara kedua Rp 13 juta, juara ketiga Rp 11 juta, juara harapan pertama 9 juta, harapan dua Rp 7 juta dan harapan tiga Rp 5 juta. Masing-masing tim pemenang berhak mendapatkan piala tetap, piagam penghargaan. (YMF)

Facebook Comments Box