RSUD Dok 2 Jayapura Katerisasi 3 Pasien Penyakit Jantung

Katerisasi jantung pasien yang dilakukan di RSUD  Dok 2 Jayapura.

JAYAPURA (PB): Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dok 2 Jayapura kembali melakukan katerisasi jantung bagi tiga orang pasien, dipimpin Dr Darty SpJ (K) dibantu sejumlah dokter dan perawat ruangan SMF Jantung RSUD Jayapura, di ruang operasi RSUD Jayapura, akhir pekan kemarin.

Direktur RSUD Jayapura, drg Josef Rinta, M.Kes, via telepon selulernya menjelaskan, tindakan katerisasi jantung ini merupakan operasi perdana di Papua maupun Indonesia Timur yang dilakukan di RSUD Jayapura.

”Ini merupakan tindakan pertama, dimana selama ini kan alat sudah bisa berfungsi tetapi tinggal tunggu diuji dan mendapat rekomendasi baru dilaksanakan tindakan kateter jantung dan sudah 3 pasien yang mendapat tindakan katerisasi jantung ini,” terangnya.

Tindakan bagi tiga pasien ini telah berjalan dengan baik dan pasien sudah bisa pulang pascatindakan katerisasi jantung.

”Jadi proses ini kan tidak memakan waktu lama, sekitar 15-30 menit. Proses ini dapat berjalan dan pasien memang tidak perlu dibius total karena proses katerisasi hanya lewat lengan saja,” jelasnya.

Kata Rinta, saat ini sudah banyak pasien penyakit jantung yang mendaftar. RSUD Jayapura tinggal menunggu waktu untuk melaksanakan tindakan katerisasi jantung selanjutnya.

“Jadi tindakan ini diperuntukkan bagi pasien yang mengalami gangguan pada jantung, penyumbatan pembuluh darah, sehingga pasien tidak perlu dirujuk keluar Papua lagi, karena kita sudah bisa melayani di sini,” katanya.

Katerisasi jantung (cardiac cath atau heart cath) lebih umum dikenal kateter jantung adalah prosedur untuk memeriksa seberapa baik fungsi jantung bekerja. Sebuah alat tipis dan panjang berupa pipa hampa yang dikenal kateter janting dimasukkan ke dalam bilik atau pembuluh darah besar yang mengarah ke jantung.

Proses kateterisasi jantung dilakukan untuk mengetahui apakah pasien memiliki penyakit jantung, arteri katup atau koroner (jantung) arteri. Selama prosedur kateterisasi jantung, tekanan dan aliran darah di jantung dapat diukur. (YMF)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *