Pramuka Kwarda Papua Bagi Noken Gratis di Raimuna Nasional

Ketua Pramuka Kwarda Papua, Kristina Mano

JAKARTA (PB) : Anggota Pramuka yang tergabung dalam Tim Kwartir Daerah (Kwarda) Provinsi Papua, bakal membagikan ribuan Noken alias tas rajutan asli Bumi Cenderawasih, saat Raimuna Nasional XI yang berlangsung mulai tanggal 14-21 Agutus di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur.

Ketua Kwarda Papua, Kak Kristina Mano kepada Papua Bangkit di lapangan Buperta Cibubur, Sabtu (12/08/2017) menjelaskan, pembagian Noken itu sebagai bagian dari komitmen pihaknya untuk ikut mensosialisasikan  Noken. Apalagi, noken sudah menjadi warisan budaya dunia yang diakui Unesco.

Dia kemukakan, pihaknya di Kwarda Papua sendiri membawa sedikitnya 1500 buah Noken yang siap dibagikan. Tak hanya itu, setiap peserta Raimuna dari Kwarda Papua yang berjumlah sedikitnya 1500 orang dari kabupaten/kota di Papua, juga diwajibkan membawa dua buah tas noken.

“Jadi masing-masing peserta juga membawa dua buah noken. Nantinya satu Nooen wajib dipakai sendiri, dan satunya lagi akan diberikan pada kawan-kawan mereka dari berbagai daerah di Indonesia,” bilang kak Ita (Sapaan Kristina Mano dalam Pramuka).

Tas, syal dan sejumlah perlengkaoan lainnya yang dipersiapkan untuk peserta dari kwarda Papua

Dikemukakan Kak Ita, Noken yang dibawa pihaknya, akan dibagikan kepada seluruh pengunjung stand pameran Kwarda Papua selama berlangsungnya Raimuna XI.

“Nanti saat dan sampai usai Raimuna, kita ada stand pameran. Para pengunjung yang datang  ke stand pameran Kwarda Provinsi Papua akan kita berikan secara gratis. Noken yang kita bawa berasal dari seluruh wilayah di Papua. Jadi pengunjung datang ke stand kami, menulis namanya dibuku tamu dan akan mendapatkan 1 tas noken,” paparnya.

Selain Noken gratis untuk pengunjung, diakui kak Ita, pihaknya juga menyiapkan 700-an tas dan perlengkapan lainnya untuk diberikan pada peserta dari Kwarda Papua.

Pramuka tim Kwarda Papua berlatih tarian menjemput Presiden Joko Widodo di Buperta Cibubur.

Sebelumnya diberitakan, sebagaimana agenda Raimuna Nasional kali ini, Tim Kwarda Papua dalam agenda lima tahunan ini akan mengambil peranan penting. Sejak pembukaan acara yang dijadwalkan Senin (14/08), tim 165 penari dari tim Kwarda Papua yng akan membawakan tarian menjempu presiden Joko Widodo dan rombongan yang akan membuka acara.

Selain itu, salah satu tim Kwarda Papua, atas nama Rupeka Anita Aruman yang berasal dari kontingen Kwarcab Kabupaten Yahukimo, didaulat menampilkan keterampilannya merajut Noken didepan Presiden dan seluruh undangan yang hadir. (Marcel/PB)

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *