Kontingen Kwarda Papua Tetap “Semangat dan Antusias” di Raimuna Nasional

Ning Sri Astuti

JAKARTA (PB) : Kontingen Pramuka perwakilah kabupaten/kota dan provinsi Papua yang tergabung dalam tim Kwartir Daerah (Kwarda) Papua, tampak tetap antusias dan bersemangat mengikuti Raimuna Nasional XI di Cibubur, Jakarta.

Salah satu kakak Pembina Kwarda Papua, Ning Sri Astuti kepada wartawan di Bumi Perkemahan Cibubur mengatakan, adik-adik Pramuka dari seluruh Papua tergabung dalam Kwarda Papua, sangat bersemangat dan tetap antusias mengikuit seluruh rangkaian kegiatan di Raimuna Nasional, sejak pembukaan tanggal 14 Agustus lalu.

“Adik-adik sangat antusias dan semangat mengikuti tiap rotasi kegiatan yang ada di Raimuna ini. Termasuk kita semua ikut upacara Kemerdekaan di lapangan Cibubur ini. Mereka sangat kompak. Sejauh ini adik-adik dalam kondisi yang baik dan sehat,” kata kak Ning.

Sebagai pembina, kata Ning lagi, dia dan sejumlah pembina lainnya senantiasa mendampingi, memfasilitasi setiap kegiatan yang diikuti oleh pramuka tim Kwarda Papua.

“Jadi kita ikut semua rotasi kegiatan yang ada di Raimuna ini. Mereka semangat, ceria dan sehat. Banyak rotasi kegiatan yang dilakukan sejak pagi hingga malam hari, diantaranya GDF, permainan di air, mencari jejak, edukasi, keterampilan, rekreasi wisata, rekreasi sejarah budyaa dan lainnya,” papar dia.

Disinggung kendala yang dialami pihaknya selama beberapa hari mengikuti Raimuna Nasional itu, Ning mengaku relatif tak ada kendala. Sebab untuk kesehatan adik Pramuka sangat baik.

“Adapun beberapa yang sakit seperti pilek dan lainnya tidak terlalu bermasalah. Yang jadi kendala mungkin soal air untuk minum dan masak. Kalau air MCK aman. Penerangan juga memang sejak awal tak diperbolehkan. Hanya kita soal penerangan dijalan saja agar mudah saat melintas dimalam hari,” urainya.

Pramuka tim Kwarda Papua foto bersama rekannya dari daerah lain di Raimuna Nasional XI

Lebih jauh dia kemukakan, kegiatan rotasi di Raimuna Nasional bukanlah sebuah perlombaan. Yang diharapkan adalah menjadi tempat menimba pengalaman pengetahuan dan sharing dengan teman pramuka daerah lain. Bisa saling membagi pengalaman dan mengambil manfaat sebanyak-banyakan dari raimuna ini. Mereka bisa terampil.

“Untuk Sosialisasi adik-adik Pramuka sendiri semua sangat baik. Sebab, dalam kegiatan Raimna ini tiap orang dapat kesempatan untuk ikut dalam kegiatan. Artinya tiap orang akan bertemu teman dari daerah lain. Sehingga terjadi pertemuan dan saling sosialisasi tukar pendapat dll,”ujarnya.

Dalam kesempatan itu Kak Ning juga memberikan apresiasi pada semua pihak, terutama pemerintah daerah dan Provinsi Papua yang telah memberi perhatian besar dan membantu tim Kwarda Papua mengikuti Raimuna Nasional XI kali ini. (Marcel/PB)

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *