Pertama Kali Jadi Peserta, Kontingan Pesparawi Mamteng Peserta Terbanyak

Penyerahan bendera kontingen oleh Bupati Mamteng R. Ham Pagawak kepada ketua Kontingen Manupatty.

JAYAPURA (PB) – Bupati Mamberamo Tengah R Ham Pagawak secara resmi melepas Kontingen Pesparawi Kabupaten Mamberamo Tengah yang akan mengikuti lomba Paduan Suara tingkat Gerejawi atau Pesparawi se-Tanah Papua di   Kabupaten Kaimana, Papua Barat tanggal 7 – 20 September pekan depan.

Dengan kekuatan 196 orang, Tim Pespawari Mamteng akan mengikuti 10 mata lomba. “Peserta ini nantinya akan dibagi dalam tiga kloter keberangkatan. Dimana tim pertama diberangkatkan hari Jumat (1/9/2017), tanggal 2 dan 4 September nanti dengan menggunakan pesawat udara,” terang Ketua Kontingen, Manuputty saat memberikan laporan pada pelepasan kontingen, Kamis (31/8/2017) malam di BLK Industri, yang juga menjadi base camp tim selama berada di Jayapura sebelum bertolak menuju kota berjuluk kota senja itu.

Hadir dalam pelepasan itu, Wakil Bupati Mamteng Yonas Kinelak bersama beberapa para pimpinan SKPD di lingkup Pemkab Mamteng serta Presiden GIDI Dorman Wanimbo.

Sebelum pelepasan resmi oleh Bupati Ham, acara diawali ibadah singkat kemudian diisi dengan penampilan Tim PS Mamteng. Mulai dari kategori remaja, solo, vocal grup dan juga dewasa campuran.

Atraksi dari Paduan Suara Etnik Kab. Mamteng yang akan mengikuti ajang Pesparawi.

Diketahui ajang lomba dua tahunan ini untuk kategori dewasa campuran akan membawakan lagu wajib Pujilah Tuhan Hai Semua Yang Bernafas bersama dua lagu pilihan. Sedangkan kategori remaja membawakan lagu wajib Langit dan Bumi Memuji Tuhan.

Saat memberikan arahannya, Bupati Mamteng R Ham Pagawak mengingatkan kepada semua rombongan untuk bersikap baik dan menjaga nama baik kabupaten yang berjuluk Blue City atau kota biru itu. Kontingen Mamteng menjadi kontingen pertama yang akan tiba terlebih dahulu di Kaimana.

Bupati juga mengingatkan kepada kontingen untuk selalu menjaga kesehatan. Karena cuaca di Kaimana lebih panas dibanding dengan di Kobakma dan juga Jayapura. “Di sana itu dari informasi yang saya dapat, cuacanya sangat panas. Lebih panas dari Jayapura. Jadi tolong jaga kesehatan baik – baik di sana,” harapnya.

Pertama Kali Ikut

Sementara itu kepada wartawan, Bupati R Ham Pagawak mengaku keikutsertaan Mamberamo Tengah baru pertama kali di Pesparawi se Tanah Papua. “Pertama kami ikuti di Kabupaten Jayawijaya akan tetapi itu sebagai pemantau. Tapi tahun ini kami ikut dan membawa kontingen terbesar,” akunya.

Bukan tanpa alasan, sebagai kabupaten yang baru berdiri selama 8 tahun, mereka ingin menunjukkan ke kabupaten lainnya yang sudah menyiapkan kontingen. “Kami kabupaten yang baru pertama kali ikut. Akan tetapi kami juga mampu untuk memberikan kontribusi dalam pesta rohani yang akan dilaksanakan di Kaimana, Papua Barat,” ujarnya.

Ditanya mengenai target, kata Ham, tentunya setiap kepala daerah mempunyai keinginan untuk menjadi ysang terbaik. Namun dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada Tuhan dan juga kepada kontingen yang akan berangkat. Karena mewakili masyarakat Mamteng untuk tampil disana. Kontingen ini sudah latihan sejak 3 bulan lalu.

“Harapan kami dari pemerintah dan masyarakat, mereka dapat hasil yang baik, yang dapat membanggakan nama daerah dan juga masyarakat,” tuturnya.

Tim Pesparawi Mamteng saat foto bersama Bupati dan Wakil Bupati Mamteng

Bentuk LPPD

Diharapkan nantinya keikutsertaan Mamteng di ajang Pesparawi ini, akan menjadi agenda rutin. Pasalnya pemerintah kabupaten sendiri telah membentuk Lembaga Pengembangan Pespawari Daerah atau yang disingkat LPPD Kabupaten dan sudah mempunyai pengurus resmi, yang sudah dilantik. Sehingga melalui LPPD, nantinya akan menyiapkan kontingen.

“Ini nanti rutin. Kalau kita sudah bentuk, maka tahun depan kami akan lebih siap lagi dengan semua personil dan kontingen yang ada. Selain itu juga semua lomba, itu juga dipersiapkan sebaik mungkin, kemudian jika Pesparawi di gelar dimana. Kami dari Mamteng pasti akan mengambil bagian juga dengan modal sudah pernah tampil,” tukasnya.

Sebab sebagai daerah yang mayoritas Kristen. Tentunya hal ini akan dijadikan agenda rutin dengan mengikutsertakan kontingen Mamteng, Karena sudah ada LPPD di Kabupaten dan juga Kantor Departemen Agama yang sudah terbentuk oleh pusat dan telah ditempatkan di Kabupaten Mamberamo Tengah. (YMF)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *