Soal Inpres PON XX Tahun 2020 Sudah Tak Ada Masalah

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadisorda) Provinsi Papua Yusuf Yambe Yabdi

JAYAPURA (PB) – Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadisorda) Provinsi Papua Yusuf Yambe Yabdi mengklaim Instruksi Presiden (Inpres) tentang Dukungan dan Percepatan Pembangunan Prasarana dan Sarana Pendukung Dalam Persiapan Penyelenggaraan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX Tahun 2020 Provinsi Papua, sudah tidak ada masalah.

Kepada pers di Jayapura usai pelepasan Tim Pekan Olahraga Pelajar  Nasional (POPNAS) di main hall Kantor Gubernur Papua, Senin (4/9) Yusuf secara rinci menjelaskan Presiden Jokowi melalui Sekretaris Negara tinggal menuju hasil  penyisiran di Sekretaris Negara kemudian naik  ke Meja Presiden.

“Ini kan Inpres yang keluar di Indonesia kan banyak. Jadi perlu kita mendampingi sampai dengan selesai. Jadi proses dari Menpora sebagai pemrakarsa sudah naik ke Presiden melalui Sekretaris negara. Tinggal kita tunggu hasil,” terangnya.

Yusuf sekali lagi menegaskan soal Inpres sudah tidak ada masalah. “Tidak ada masalah. Inpres itu kan instruksi. Tinggal sekarang, setelah Inpres turun untuk kerja dari masing – masing Kementerian yang lain itu harus ada Peraturan Presidennya (Perpres). Kalau Inpres ini kan  lebih kepada Kementerian PU untuk membangun sisa venues yang  menjadi beban dari  Pemerintah Papua,” paparnya.

Sedangkan untuk dukungan dari Kementerian dan Lembaga  terkait, katanya, bagaimana melihat PON dari  sudut pandang sektor masing – masing. Misalnya dari Kementerian Perhubungan memberikan dan Kementerian lainnya memberikan support sehingga perlu ada Perpres untuk memayungi Kementerian dan Lembaga yang akan berpartisipasi dalam sukses penyelenggaraan PON Papua sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres).

Sebelumnya Sekretaris Kemenpora, Gatot Sulistiantoro Dewa Broto dalam rilis  yang diterima redaksi semalam melalui Kepala Kantor Badan Penghubung Provinsi Papua Alex Kapisa di Jakarta.

Alex menjelaskan, pembahasan Instruksi Presiden (Inpres) tentang Dukungan dan Percepatan Pembangunan Prasarana dan Sarana Pendukung Dalam Persiapan Penyelenggaraan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX Tahun 2020 Provinsi Papua terus dikebut oleh Pemerintah Pusat.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)  yang bertanggung jawab atas penyiapan Inpres tersebut pada hari Jumat 11 Agustus 2017 telah melakukan rapat finalisasi pembahasan rancangan  Inpres dimaksud bersama Kementerian/Lembaga, KONI, TNI-Polri, Pemerintah Provinsi Papua dan Kabupaten/Kota lokasi penyelenggaraan PON XX. (YMF/Ed-Fri)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *