Beda dengan Provinsi Lain, Perbatasan RI-PNG di Wutung Punya Money Changer

 

BRI Money Changer di Perbatasan RI-PNG.

JAYAPURA (PB) – Kepala Biro Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Suzanna Wanggai menjelaskan untuk sementara ini pertukaran uang /money changer perbatasan RI – PNG di Wutung, Skouw Kota Jayapura sudah menggunakan ATM  Bank BRI.

“Kita kemarin sudah meminta kepada pihak Bank Indonesia untuk bagaimana lengkapi fasilitasi yang sudah ada. Dalam artian sarana dan prasarana yang sudah sangat megah ini. Kita harus dukung juga dengan money changer,” kata Suzanna kepada pers di Jayapura, Rabu (27/9).

Susi, panggilan akrabnya ini menjelaskan, kemungkinan di provinsi lain di tanah air yang mempunyai pos lintas batas yang dibangun termasuk wilayah Skouw ada yang tidak mempunyai money changer. “Di Indonesia ada 7 pos lintas batas, termasuk di Skouw ini. Akan tetapi 6 yang lain tidak ada money changer nya. Tetapi kami di Papua khususnya di Jayapura harus ada money changer di dalamnya,” tukasnya.

Menurut Susi hal ini wajib karena walaupun pos lintas batas dari provinsi lain tidak ada, tetapi pihaknya meminta kepada pusat harus ada di Papua. Di provinsi lain, Indonesia yang membutuhkan mereka. Berbeda dengan Papua, Indonesia yang harus jemput bola sebab PNG membutuhkan Indonesia.

“Lebih banyak mereka yang membutuhkan kita. Ini kita harus pasang money changer, di dalam harus ada. Jadi itu yang kita sampaikan kepada pihak BNPP bahwa tidak bisa kita seragamkan semua di seluruh Indonesia. Tetapi harus sesuai dengan kebutuhan daerah masing – masing,” tandasnya. (YMF/Ed-Fri)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *