Pemprov Papua Terima Penghargaan Atas Keberhasilan Pengelolaan Keuangan 2016 Dari Kemenkeu RI

Pemerintah Provinsi Papua mendapat penghargaan atas pengelolaan keuangan negara tahun 2016 dari Kementerian Keuangan yang diberikan Menteri Keuangan RI, melalui Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Papua, Syarwan dan diterima Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen, Senin (16/10/2017).

JAYAPURA (PB) – Pemerintah Provinsi Papua mendapat penghargaan atas keberhasilan capaian standar tertinggi dalam pengelolaan keuangan negara tahun 2016 dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.

Penghargaan itu diberikan langsung Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani melalui Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Papua, Syarwan yang diterima oleh Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen mewakili pemerintah Papua, di ruang kerja Sekda,  Senin (16/10/2017).

Penerimaan penghargaan ini disaksikan oleh para pimpinan OPD dan SKPD di lingkungan Pemprov. Kepada pers usai menyerahkan penghargaan, Syarwan menjelaskan, penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi Papua adalah atas prestasi yang dicapai dalam pengelolaan keuangan negara berbasis akrual.

Selain itu Pemprov Papua selama tiga tahun berturut turut mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) mulai dari 2014 mendapat WTP dengan paragraf penjelas, 2015 WTP Murni, dan 2016 juga WTP Murni. Padahal sebelumnya, Pemprov Papua selalu mendapat predikat disclaimer.  “Dengan adanya pemberian penghargaan sebagai salah satu cara motivasi kepada Pemerintah Provinsi Papua untuk mengelola keuangan yang lebih baik ke depan,” ujar Syarwan.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Papua, Hery Dosinaen mewakili Pemerintah Provinsi Papua menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah RI. Menurutnya, ini catatan luarbiasa bagi pemerintah Papua dibawah kepemimpinan Gubernur, Lukas Enembe dan Wakil Gubernur, Klemen Tinal.

“Terima kasih atas penghargaan yang diberikan ini. Artinya ini bukan satu kebanggaan, tapi ini adalah keberhasilan yang telah dilakukan oleh teman teman SKPD yang selalu berkoordinasi dan bersinergi melakukan tugas pokok dan fungsinya dengan baik.Koordinasi, konsolidasi organisasi dan komitmen yang dipegang Gubernur diikuti oleh semua SKPD hingga ke jajaran tingkat bawah,” ujar Sekda.

Dia berharap, semoga semua jajaran Pemprov  tetap berkomitmen untuk terus melakukan koordinasi dengan hal yang lebih penting. “Sekali lagi terima kasih saya sampaikan mewakili Gubernur dan jajaran pemerintahan Provinsi atas apresiasi penghargaan bapak presiden dan ibu menteri yang tentunya melalui Kakanwil. Sekali lagi  ini bukan merupakan kebangaaan tapi jadi cambuk untuk memotivasi kami agar lebih baik, membenahi lebih bagus untuk Penyelengaraan pemerintahan yang lebih baik ke depan,” ucapnya.

Sekda Hery membeberkan, untuk pertama kalinya dalam sejarah Papua seorang Gubernur dilantik di lapangan terbuka. Dalam kepemimpinannya, lanjutnya, dalam tataran birokrasi itu direkrut atas dasar ‘kasih menembus perbedaan’.

“Dalam perjalanan pemerintahan meski tertatih tapi pasti tentunya kita berkoordinasi secara vertikal dan horisontal dengan berbagai pihak dalam rangka penyelenggaran pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan. Dimana kita telah mengawali dengan membenahi regulasi daerah dan membentuk infrastruktur yang tentunya bermuara dalam penyempurnaan penyelenggaraan pemerintahan. Kita juga telah melakukan bagaimana membenahi aset aset yang selama ini tidak tercatat dengan baik. Di satu sisi Pemprov telah memberikan kepercayaan seluas luasnya kepada pemda kabupaten untuk mengurus rumah tangga daerah yang dibarengi kebijakan fiskal yang sangat signifikan,” bebernya panjang lebar. (YMF/Ed-Fri)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *