Kota Jayapura Wakili Papua di Ajang Lomba Masak Serba Ikan

Kota Jayapura mewakili Provinsi Papua dalam Lomba Masak Serba Ikan tingkat Provinsi Papua tahun 2017 yang berlangsung di Halaman Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Selasa (24/10/2017).

JAYAPURA (PB) – Kota Jayapura mewakili Provinsi Papua dalam Lomba Masak Serba Ikan tingkat Provinsi Papua tahun 2017 yang berlangsung di Halaman Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Selasa (24/10/2017).

Lomba yang mengambil tema Ayo Makan Ikan Agar Sehat, Kuat dan Cerdas, diikuti 8 kabupaten ini, untuk juara kedua dipegang Kabupaten Mappi sedangkan juara ketiga Merauke.

Kepada wartawan Kepala Dinas Perikanan Provinsi Papua FX Mote menjelaskan, Kota Jayapura akan mewakili Provinsi Papua di tingkat nasional dalam lomba menu serba ikan di Jakarta. “Harapan kita bahwa mereka bisa memenangkan Papua di tingkat nasional. Untuk itu kita memohon doa dari masyarakat Papua, agar mereka bisa menang,” harapnya.

Selain itu, dalam pertandingan lomba menu serba ikan juga telah menghasilkan beberapa masukan bagi anak – anak sekolah yang ikut melihat jalannya lomba. Nantinya dengan ini mereka diharapkan dapat menjadi generasi penerus masa depan. “Karena mereka rupanya telah mengenal berbagai jenis ikan dan mereka telah menjawab dan kita memberikan hadiah kepada mereka. Harapan kita ke depannya akan ada lomba buat mereka ditingkatan SD – SMP dan juga SMA,” tuturnya.

Akan tetapi lebih daripada itu, tujuan digelarnya lomba ini adalah bagaimana memasyarakatkan makan ikan.  Sehingga masyarakat Indonesia khususnya di Provinsi Papua dapat menikmati ikan sebagai makanan dengan protein tinggi. “Kalau melihat di Papua konsumsi ikan kita tidak tertinggal dari tingkat nasional yaitu sekitar 42 – 48 kilo kalori/kapita/tahun yang dikonsumsi kita di Provinsi Papua,” jelasnya.

Sayangnya, pemerataan konsumsi ikan tidak merata antara daerah pesisir pantai dan di pedalaman, sehingga upaya Pemprov Papua diera Pasangan Gubernur Lukas Enembe – Klemen Tinal telah melakukan berbagai usaha, terutama antarpulau dan antardaerah untuk pengiriman ikan khususnya ke wilayah pedalaman.

“Kami juga bersyukur beberapa program pemerintah, khususnya Pemerintah provinsi melalui subsidi penerbangan yang bisa membawa ikan ke pedalaman. Sehingga harapan kita konsumsi ikan bisa merata di seluruh Provinsi Papua,” tandasnya. (YMF/Ed-Fri)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *