TNI/Pori Akhirnya Buka Paksa Palang Jalan Wamena-Tolikara-Puncak Jaya

JAYAPURA (PB) – Tanpa perlawanan oleh kelompok pemalang  jalan Wamena, Tolikara dan Puncak Jaya, pasukan gabungan TNI/POLRI Tolikara diback-up Brimob berhasil membuka paksa pemalangan jalan di Kampung Minagi Distrik Kubu Tolikara, Kamis (16/11) pagi.

Saat membuka palang jalan tersebut, tidak ada perlawanan dari kelompok pemalangan di TKP karena sekelompok orang tersebut telah membubarkan diri ke kampung masing- masing. Aparat gabungan TNI/ polri diback-up Brimob dengan mudah berhasil buka pemalangan jalan itu dengan membersihkan kayu- Kayu seperti balok dan papan yang memagari badan jalan tersebut.

Situasi di TKP usai buka paksa pemalangan itu pada umumnya aman dan kondusif.  Aparat keamanan terus meningkatkan patroli di kota Karubaga terutama di TKP. Pemalangan jalan itu telah memakan waktu lebih sari satu bulan yang sempat membuat harga-harga kebutuhan pokok melambung tinggi di Kota Karubaga hingga di seluruh pelosok Tolikara karena akses jalan menuju Tolikara hanya bisa dengan jalan darat trans Wamena Tolikara Puncak Jaya. Meskipun ada lapangan terbang namun hanya bisa didarati pesawat berbadan kecil jenis cessna dan sejenisnya.

Aparat keamanan yang membuka paksa pemalangan jalan Wamena-Tolikara-Puncak Jaya.

Pemerintah Tolikara yakni Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo, telah mengambil langkah bijak dengan menggelar berbagai pertemuan dengan para intelektual dari kelompok pemalangan untuk membuka pemalangan secara damai namun upaya pemerintah itu tidak membuahkan hasil.

Upaya serupa juga dilakukan oleh pihak Aparat keamanan Tolikara yang di prakarsai Kapolres Tolikara AKBP Indra Hermawan dengan cara dialog persuasif dengan kelompok pemalangan namun inisiatif baik tersebut justru menemui jalan buntu,sehingga terpaksa gabungan aparat keamanan Tolikara mengambil tindakan tegas dengan buka paksa pemalangan jalan di Minagi dengan aman dan sukses. (Derwes)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *