Pemprov Papua Target Dapat Predikat B dalam LAKIP

Asisten Sekretaris Daerah Provinsi Papua Bidang Umum, Elysa Auri

JAYAPURA (PB) – Asisten Sekretaris Daerah Provinsi Papua Bidang Umum, Elysa Auri mempunyai target penilaian Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) pemerintah provinsi 2017, meraih predikat B, karena sebelumnya mendapat predikat CC.

Untuk mewujudkan target itu, ia telah meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bekerja keras guna mencapai tujuan.

Selain itu juga ia telah meminta kepada seluruh OPD agar bekerja keras menyusun LAKIP. Dan yang terpenting menyerahkannya paling lambat awal Maret mendatang kepada Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB).

“Dengan begitu, saya imbau pembuatan LAKIP dari OPD ini sudah mesti rampung paling lambat 9 Februari mendatang,” karanya saat memimpin tim LAKIP mengunjungi Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Rabu (31/1/2018).

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Prostasius Lobya yang menyambut kunjungan tim LAKIP Provinsi Papua. ia mengatakan, kunjungan tersebut dianggap penting untuk menyadarkan OPD, agar dapat bekerja maksimal dan tepat waktu dalam penyelesaiannya.

“Hanya memang terkait penyelesaian LAKIP ini kami di Dinas Pendidikan butuh proses untuk menyelesaikan. Kami harus mengawalinya dengan menyediakan kompetensi sumber daya memadai,” aku Protasius.

Lanjutnya, terkait perencanaan makro sampai kepada hal yang teknis, harus bersinergi antara Renstra (Rencana strategis), Renja (rencana kerja) serta DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran). Karena tidak bisa setelah jadi RKA (Rencana Kerja Anggaran) kemudian DPA sudah ditetapkan Setelah satu atau dua minggu melakukan revisi. “Nah hal ini yang berdampak sekali pada capaian indikator LAKIP itu,” imbuhnya.

Sebelumnya, Asisten Sekda Papua Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Elia I Loupatty mengimbau OPD di lingkungan pemerintah provinsi, untuk tepat waktu dalam penyampaian LAKIP.

“Saya minta agar OPD jangan sampai terlambat menyampaikan LAKIP. Karena LAKIP ini disusun dalam rangka menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih serta sebagai respon terhadap tuntutan masyarakat,” harap Loupatty.

Kepada SKPD dihimbau melakukan tujuh langkah pengembangan manajemen kinerja supaya penyampaikan LAKIP bisa terlaksana sebagaimana mestinya. Loupatty berharap agar nilai laporan LAKIP Provinsi Papua tahun ini mengalami perbaikan dari nilaI CC ke B. (YMF/Ed-Fri)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *