Stadion Mandala Masih Angker, Persipura Tetap di Puncak Klasemen Liga 1

Skuad Persipura pada musim Gojek Liga 1 2018.

JAYAPURA (PB)—Tim kebanggaan Papua, Persipura Jayapura kembali menorehkan rekor tak terkalahkan di pekan kelima kompetisi Gojek Liga 1. Sabtu, (21/04/2018), anak-anak asuhan Peter Butler berpesta gol di Stadion Mandala setelah sukses mempermalukan tim tamunya, Mitra Kukar dengan skor 2-1.

Kemenangan ini mengantar Persipura kembali ke puncak klasemen sementara pekan kelima Gojek Liga 1 dengan poin 11, menggusur Persija Jakarta yang sempat bersemayam sehari di atas tahta itu dan kini turun ke posisi kedua dengan selisih 1 poin.

Bermain di hadapan puluhan ribu pendukungnya, Persipura tampil menawan di babak pertama. Dua gol tercipta di babak pertama dimulai dari eksekusi tendangan bebas Ian Luis Kabes dari sisi kanan pertahanan Mitra Kukar pada menit ke-12. Bola sepakan kaki kanan Kabes melesat mulus ke gawang yang dikawal Gerri Mandagi.

Stadion Mandala Jayapura, markas Persipura masih angker bagi tim tamu.

Enam menit berselang, Ian Kabes berkontribusi dalam gol kedua Persipura. Bola tendangan sudutnya mampu disundul dengan baik oleh Marcel Sacramento. Skor 2-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, tim tamu berjuluk Naga Mekes tampil menyerang. Sejumlah peluang tercipta nyaris berbuah gol. Misalnyam di menit ke-52, umpan Danny Guthrie disambar David Maulana. Sialnya, arah bola masih belum menemui sasaran.

Kesempatan lewat tendangan bebas didapat di menit ke-55. Kali ini, eksekusi tendangan bebas Guthrie hanya membentur pagar hidup dan menghasilkan sepak pojok. Peluang lewat sepak pojok pun masih gagal dimaksimalkan anak asuh Peter Butler.

Selebrasi khas anak-anak asuh Peter Butler usai mencetak gol ke gawang Mitra Kukar.

Di menit ke-57, kerja sama ciamik sempat diperlihatkan para pemain Kukar di depan kotak penalti Persipura. Sayang, tendangan keras Dedi Hartono yang sudah mengarah tepat masih mudah diamankan Dede.

Situasi mengancam terjadi di kotak penalti Kukar di menit ke-59. Mandagi melakukan kesalahan saat akan mengamankan bola. Untungnya, tendangan spekulasi Hilton hanya membentur mistar gawang.

Sejumlah peluang pun dimiliki anak-anak mutiara hitam. Namun komunikasi yang kurang padu di lini depan membuat beberapa kali, Priska Womsimor, Marcel Sacramento dan Hilton Moreira membuang kesempatan untuk mengubah papan skor.

Drama terjadi di menit ke-86. Wasit memberikan kartu merah untuk Mandowen setelah melanggar menyikut salah satu pemain Kukar. Kartu merah kembali dirogoh dari saku wasit di menit ke-89. Kali ini diberikan untuk Hendra Bayauw. Tak terima dianggap offside, ia melemparkan bola ke arah asisten wasit.

Kukar akhirnya memperkecil ketertinggalan di menit ke-90. Umpan terobosan mampu dimaksimalkan David Maulana dengan tendangan chip yang melewati Dede. Sayang, sampai laga berakhir, Persipura berhasil mengakhiri laga dan meraih poin penuh di kandang.

Dukungan Persipuramania dan masyarakat Papua. Mereka berharap Persipura berhasil menambah koleksi bintangnya dengan menjadi juara musim ini.

Rekor Awal Yang Baik
Sukses Ian Kabes cs ini sekaligus mencatat rekor positif sebagai satu-satunya tim yang tak pernah terkalahkan di kandang. Pada laga perdana menjamu Persela Lamongan, 24 Maret 2018, Persipura mampu menggilas tamunya dengan skore 2-1. Di pekan ketiga, 7 April 2018, Stadion Mandala jadi saksi ketika Boaz Salossa dan kawan-kawan membungkam PS Tira 2-0.

Tim berjuluk Mutiara Hitam (The Black Pearl) ini juga menjadi pasukan pertama yang selalu mencuri 1 poin saat laga tandang. Saat bentrok dengan Barito Putra di pekan kedua, Persipura mampu berbagi skore 2-2. Sukses yang sama juga diraih Marcel Sacramento cs ketika mampu membalas ketertinggalannya 2 gol di babak pertama saat bertandang ke Stadion Jakabaring Palembang meladeni tuan rumah Sriwijaya FC pada pekan keempat.

Sesuai jadwal, pada 27 April 2018 mendatang, Persipura akan bertandang ke markas Arema Malang di Stadion Kanjuruhan. Kita doakan Boaz Sallosa cs tetap mempertahankan rekor yang baik ini agar tetap bertahta di puncak klasemen sementara Gojek Liga 1. BRAVO PERSIPURA. (Gusty Masan Raya/dbs)

Susunan Pemain
Persipura Jayapura: Dede Sulaiman; Ricardo Salampessy (Abdoulaye Maiga 10), Yustinus Pae, Yohanis Tjoe, Boas Atuturi, Ian Louis Kabes, Muhammad Tahir, Gunansar Mandowen, Marcel Sacramento, Hilton Moreira, Boaz Solossa (Prisca Womsiwor 29 (Andri Ibo 90+1)
Pelatih: Peter Butler

Mitra Kukar: Gerri Martin Millian Mandagi; Mauricio Leal, Wiganda Pradika, Dedy Gusmawan (Arif Suyono 75), Bayu Pradana, Muhammad Bahtiar (Hendra Bayauw 55), Danny Guthrie, Septian David Maulana, Dedy Hartono, Rendy Siregar, Fernando Rodrigues Ortega
Pelatih: Rafael Berges

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *