Veni, Vidi, Vici. LUKMEN Datang, LUKMEN Lihat, LUKMEN Menang!

Pasangan Calon Gubernur Lukas Enembe dan Klemen Tinal (LUKMEN) saat orasi politiknya pada kampanye terakhir di Lapangan Sinapuk, Wamena, Sabtu, 24 Juni 2018.

WAMENA (PB)—Vini, Vidi, Vici! Saya datang, saya lihat, saya menang! Sebuah ungkapan yang pantas buat LUKMEN. Ya, aura kemenangan LUKMEN sangat terasa, ketika pasangan petahana calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua nomor urut 1, Lukas Enembe, SIP.MH dan Klemen Tinal, SE.MM itu menutup rangkaian kampanye Pilkada di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, dengan catatan manis.

Hari cerah dan awan biru menghiasai langit Lembah Baliem, Sabtu, 24 Juni 2018 sejak pagi hari. Ketika sekitar 100-an ribu massa pendukung memadati Lapangan Sinapuk, Wamena. Maklum. Tak hanya dari Jayawijaya. Ratusan ribu massa pendukung LUKMEN ini datang dari kabupaten sekitarnya di wilayah adat La Pago, meliputi Kabupaten Lanny Jaya, Mamberamo Tengah, Tolikara, Yalimo, Yahukimo, Nduga, Pegunungan Bintang dan Puncak Jaya.

Calon Gubernur Lukas Enembe dan Istrinya saat tiba di Bandara Wamena.

Pagi itu, Calon Gubernur Lukas Enembe yang tiba bersama Ibu Yulce Enembe dan Ketua DPR Papua, DR. Yunus Wonda, SH.MH beserta rombongan disambut meriah dengan tari-tarian adat oleh massa pendukung, kader dan Tim Koalisi Papua Bangkit II Kabupaten Jayawijaya di Bandara Wamena.

Lukas Enembe tampak mengenakan pakaian biru muda milik, seragam Tim Koalisi Papua Bangkit II.Sedangkan istrinya, Yulce Enembe berbaju putih. Saat menginjakkan kaki di tanah setelah satu per satu menuruni tangga pesawat Trigana Air Service yang membawa mereka dari Jayapura, Lukas dan rombongan langsung disambut Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Papua, R. Ham Pagawak, SH, M.Si dan kader lainnya.Teriakan khas masyarakat La Pago terdengar lantang membahana di Bandara Wamena.

Calon Gubernur Lukas Enembe saat menjalani proses adat penerimaan ala Lembah Baliem saat tiba di Bandara Wamena.

Setelah melewati prosesi seremoni adat ala Lembah Baliem, Lukas diiringi ribuan massa bergerak sepanjang Jalan Irian menuju kediaman Calon Bupati Jayawijaya, John Banua, SE. Istirahat sekitar sejam, Lukas dan rombongan pun menuju Lapangan Sinapuk, tempat berlangsungnya kampanye akbar. Ratusan ribu pendukung bagai semut hitam telah memadati lapangan nan luas itu.

Aura kemenangan sungguh terasa! Kehadiran rakyat adalah dukungan terbesar bagi pasangan LUKMEN, yang telah menoreh sejumlah prestasi membanggakan selama memimpin Papua, 2013-2018. Rakyat yang hadir menyatakan komitmen dan dukungannya untuk memenangkan LUKMEN. Pasangan ini dinilai berhasil meletakan dasar-dasar pembangunan dan berani mempertahankan hak-hak dasar Orang Asli Papua (OAP).

Tampak panggung kampanye dengan lautan manusia pendukung LUKMEN di Lapangan Sinapuk, Wamena.

“Kami siap laksanakan Pilgub dengan damai dan siap menangkan LUKMEN,” teriak ribuan massa bersahut-sahutan di sela-sela orasi politik.

 

Sosok Pejuang Hak Rakyat

Sungguh serasi pemandangan di panggung utama Lapangan Sinapuk. Lukas Enembe, SIP.MH dan Klemen Tinal, SE.MM tampak mesra didampingi istri masing-masing: Ibu Yulce Enembe dan Yolanda Tinal! Sekaligus keduanya menegaskan bahwa di balik sukses pemimpin besar, ada istri hebat yang mendampingi mereka. Mendampingi utnuk menyambut kemenangan di Pilkada Serentak Jilid III, 27 Juni 2018.

Pasangan LUKMEN didampingi kedua istrinya.

Dalam orasi politiknya, Lukas dan Klemen bersama-sama mengajak seluruh masyarakat Jayawijaya dan Pegunungan Tengah Papua untuk mensukseskan Pilkada Gubernur Papua dengan damai dan aman.

“Masyarakat di Jayawijaya dan Pegunungan Papua harus menjadi contoh Pilgub yang aman dan damai. Kita tidak ingin lagi ada korban yang jatuh karena Pilkada. Makanya kita sepakat Pilgub dan Pilkada harus damai,” ujar Lukas Enembe.

Lukas menegaskan bahwa lima tahun dirinya dan wakil gubernur Klemen Tinal telah bekerja keras meningkatkan kesejahteraan OAP. Keduanya tampil berani membela kepentingan dan hak-hak kesulungan rakyat Papua, baik hak hidup maupun ha katas Sumber Daya Alam (SDA) yang terbentang melimpah di atas Tanah Papua.

Pasangan LUKMEN saat menyapa massa pendukungnya.

“Dulu kita hormat-hormat orang lain, sekarang kita berdiri sejajar, mempertahankan dan menjaga hak-hak kita,” kata Lukas disambut tepuk tangan ribuan massa.

Hal senada juga disampaikan Calon Wagub Papua, KLemen Tinal. Menurut Klemen, dirinya yakin bahwa kepemimpinan LUKMEN periode 5 tahun pertama akan dilanjutkan pada periode kedua. Sebab rakyat Papua telah cerdas dalam menentukan pemimpin yang tepat untuk membangun Tanah Papua menuju Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera. Dan kepercayaan itu diperoleh berkat bukti kerja LUKMEN yang sungguh berhasil di aneka bidang.

Pasangan LUKMEN berpose bersama sejumlah pengurus partai koalisi pendukungnya.

“Saya dan pak Lukas  sebenarnya hanya wujud dari masyarakat Papua dan putra koteka yang kini memimpin negeri ini. Kami dua hanya duduk di kursi itu tapi masyarakat kamu sekalian yang sebenarnya adalah gubernurnya,” ujar Klemen.

Pada kesempatan tersebut, Klemen menegaskan bahwa kepemimpinan Lukmen merupakan anugerah dari Tuhan Yesus. Oleh karenanya, keduanya mengajak seluruh masyarakat untuk mengucap syukur karena Tuhan Jesus Baik.

“Kita semua ucap syukur kepada Tuhan Jesus dan memilih kami dua memimpin Papua. Kita optimis, kita menang dan memimpin bapak ibu di periode kedua” ungkapnya.

 

Pilih LUKMEN dan Jaga Perdamaian

Wakil Ketua DPP Bidang Organisasi Partai Hanura, Benny Rhamdani mewakili Koalisi Partai Pendukung LUKMEN dalam orasi politiknya menegaskan bahwa rakyat Papua wajib mendukung LUKMEN karena sepanjang sejarah Papua bersama NKRI, hanya LUKMEN yang berani membela hak-hak rakyat Papua.

Wakil Ketua DPP Bidang Organisasi Partai Hanura, Benny Rhamdani saat melakukan orasi politiknya.

Hak-hak rakyat Papua itu antara lain adalah hak atas penghidupan yang layak, bebas dan aman di atas negerinya. Juga, hak atas sumber daya alam yang melimpah.

“LUKMEN telah membuktikan dan tidak takut sedikit pun demi membela hak rakyat Papua. Dan kami akui itu. Makanya kami yakin LUKMEN pasti menang pada Pilgub 27 Juni 2018 nanti,” tegas Benny disambut gemuruh sukacita ribuan massa.

Benny juga meminta pengurus, simpatisan dan pendukung dari partai pendukung LUKMEN untuk merapatkan barisan dan bekerja maksimal memenangkan LUKMEN pada Pilgub 27 Juni 2018 pekan depan.

Pasangan LUKMEN saat melakukan yel-yel kemenangan bersama massa pendukungnya.

Dukungan untuk memenangkan LUKMEN juga disampaikan para bupati dan wakil bupati di kawasan Pegunungan Tengah Papua yang merupakan kader-kader partai politik saat orasi politik mereka. Ada Befa Yigibalom, SE,M.Si, Ricky Ham Pagawak, SH,M.Si, John R Banua, SE, Abock Busup, MA, Lakius Peyon, S.ST, Par, dan Wakil Bupati Tolikara Dinius Wanimbo, S.Sos.

Ketua Tim Kampanye wilayah La Pago Dapil VI Befa Yigibalom, SE.M.Si pada orasinya mengajak pendukung LUKMEN untuk menjaga keamanan dan ketenteraman dalam mengikuti pesta demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil gubernur Papua pada tanggal 27 Juni 2018. Sebab pasangan LUKMEN adalah Pasangan yang mencintai kedamaian.

Sekitar 100-an ribu massa pendukung LUKMEN yang memadati Lapangan Sinapuk Wamena.

“Hari ini kita semua telah berkomitmen untuk memenangkan 100 persen suara di wilayah La Pago untuk LUKMEN karena alam di Lembah Baliem ini telah menyatakan dukungannya buat kita hari ini dengan cuaca yang bagus,” kata Befa.

Menurut Bupati Lanny Jaya ini, siapapun terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur  Papua, semua pihak harus berbesar hati untuk menyatakan kemenangan. Sebab kedua paslon ini adalah saudara. “Jangan ada permusuhan karena damai itu indah untuk kemenangan.”

Ketua DPC Partai Demokrat Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak, SH,M.Si saat melakukan orasi politiknya.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak, SH,M.Si menyatakan bahwa hari ini, dengan masuknya LUKMEN di pusat peradaban suku Dani di Lembah Baliem, menegaskan bahwa pasangan ini menjadi putra terbaik yang direstui memimpin Papua 5 tahun ke depan.

“Dengan restu dari orang tua di lembah bersejarah ini akan mengantarkan LUKMEN menuju kepemimpinan periode ke II. Menuju kemandirian dan kesejahteraan orang Papua. Hanya LUKMEN yang bisa merubah Papua,” kata Pagawak disambut wa wa wa, sambutan khas ala Wamena. (Gusty/HB/RM/Tim Humas LUKMEN)

 

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *