Deputi Bidang KSPK BKKBN Muhamad Yani (kedua dari kiri) dan Kepala Kesbangpol Pemprov Sulawesi Utara Micky Onibala (ketiga dari kanan) dalam acara gathering remaja dalam komunitas Genre BerTeMan dalam rangkaian peringatan Harganas 2018 di Aula Wali Kota Manado, Manado, Sulawesi Utara, Rabu, 4 Juli 2018.

MANADO (PB)—Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional XXV tahun 2018 yang puncak peringatannya akan diselenggarakan pada 7 Juli 2018 di Kota Manado, Sulawesi Utara, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyelenggarakan kegiatan GenRevolution BerTeman (Bersih, Tertib dan Mandiri), Rabu (04/07/2018) di Aula Serbaguna Kantor Walikota Manado.

Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN, Muhamad Yani dalam sambutannya mengatakan, remaja saat ini akan menjadi bagian dari Generasi Emas Indonesia, yang pada tahun 2045, saat Indonesia memasuki usia 100 tahun merdeka, akan berusia antara 35-54 tahun. Generasi ini akan berada pada usia produktif sehingga secara pasti akan mewarnai dan menjadi nahkoda bangsa ini.

“Saya mengharapkan para remaja dapat menjadi motivator dan rule model paling tidak di lingkungan masing-masing dalam menerapkan nilai-nilai revolusi mental menjadi remaja yang berkarakter dengan memiliki integritas, etos kerja dan gotong royong atau toleransi, kemajuan bangsa ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia harapan ini tentunya ada pada kalian remaja Indonesia” ujar Yani sebagaimana release yang diterima Papuabangkit.com dari Humas BKKBN.

Menurut Yani, GenRevolution BerTeman bertujuan meningkatkan kreativitas remaja (pendidik sebaya) dalam pengembangan kegiatan-kegiatan pada kelompok Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja. Saling bertukar pengalaman antara sesama remaja yang tergabung didalam PIK Remaja dan menjalin kebersamaan di antara pengelola PIK Remaja seluruh Indonesia, khususnya dalam melakukan problem solving terhadap masalah remaja.

Yani menjelaskan, BKKBN mengembangkan GenRe sebagai intervensi terhadap tantangan dan permasalahan remaja di Indonesia. GenRe dilaksanakan BKKBN bersama mitra kerja melalui 2 pendekatan. Pertama, pembentukan PIK-R dengan sasaran remaja berusia 10-24 tahun dan belum menikah. Kedua, pembentukan kelompok kegiatan (poktan) Bina Keluarga Remaja (BKR), yang menyasar keluarga dan orang tua, khususnya yang memiliki remaja.

Melalui GenRe, remaja dibina dan diarahkan untuk mampu menjalani masa transisi kehidupan remaja. Masa transisi dimaksud dibagi ke dalam Lima Transisi Kehidupan (Five Life Transitions), yaitu 1) melanjutkan sekolah (continue learning); 2) mencari pekerjaan (start working); 3) memulai kehidupan berkeluarga (form families); 4) menjadi anggota masyarakat (exercise citizenship); dan 5) mempratikkan hidup sehat (practice healthy life).

Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili Kepala Kesbangpol Provinsi Sulawesi Utara, Meki Onibala dalam sambutannya mengatakan, remaja adalah sumber daya utama yang akan menjadi tumpuan keluarga dan bangsa. Remaja juga menjadi pilar pembangunan dan masa depan.

“Remaja yang hadir pada GenRevolution BerTeman harus dapat memanfaatkan acara ini utk meningkatkan kapasitas diri dan meningkatkan persaudaraan pertemanan, memperkokoh generasi muda yang mampu menjauhi hal hal negatif seperti narkoba, seks bebas. Harus menjadi remaja yang berkarakter. Membangun identitas diri dengan memperhatikan aspek moralitas, intelektual, leadership,” kata Onibala.

Kegiatan GenRevolution BerTeman diikuti oleh pengelola PIK Remaja/pendidik sebaya berjumlah 300 orang perwakilan remaja Sulawesi Utara dan juga perwakilan dari Forum GenRe (Generasi Berencana) Indonesia. Kegiatan yang berlangsung tanggal 4-6 Juli 2018 ini diisi dengan beberapa agenda, di antaranya Pembekalan peserta dengan materi indikator revolusi mental melalui pembentukan keluarga yang berkarakter, materi dari beberapa narasumber di antaranya dari anggota gugus tugas revolusi mental, dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) dan juga akan diadakan flash mob di kawasan Mega Mas Manado, yang diikuti oleh seluruh remaja GenRe. (Gusty Masan Raya/Humas BKKBN)

 

Facebook Comments Box