Amos Duta GenRe Papua Ajak Generasi Muda Jauhi Narkoba dan Seks Bebas

Amos Frederick Worisio, Duta Generasi Berencana (GenRe) Provinsi Papua menerima hadiah gitar dari Menteri Puan Maharani pada acara penutupan Harganas XXV di Manado, Sabtu (07/07/2018)

JAYAPURA (PB)—Ratusan Duta GenRe hadir dari 34 provinsi memeriahkan acara penutupan rangkaian kegiatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV di Teluk Manado, Kawasan Bisnis Mega Mas, Sabtu (07/07/2018). Pada sambutannya, mengikuti gaya Presiden Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani berkesempatan memberikan kuis dengan sejumlah pertanyaan.

Adalah Amos Frederick Worisio, Duta Generasi Berencana (GenRe) Provinsi Papua menjadi lelaki paling beruntung. Ia dipanggil Menteri Puan naik ke atas panggung. Ia lalu dijejali dengan sejumlah pertanyaan, di antaranya seputar narkoba dan pergaulan.

Amos Frederick Worisio, Duta Generasi Berencana (GenRe) Provinsi Papua

Dengan lantang, putra kelahiran Jayapura ini mengajak seluruh generasi muda Indonesia untuk menjauhi seks bebas, narkoba, HIV-AIDS dan pernikahan dini sebagaimana slogan yang gencar dikampanyekan remaja GenRe seluruh Indonesia, binaan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

“Saya terpilih sebagai Duta GenRe Papua 2017. Bagi saya tugas saya tidak hanya selesai saat terpilih tetapi mengajak semua anak muda untuk menolak seks bebas, narkoba dan HIV AIDS,” kata Amos disambut gemuruh tepuk tangan rekan-rekannya serta ribuan hadirin yang hadir.

Menteri Puan tak berhenti di situ. Ia pun mengejar Amos dengan pertanyaan: “Apa yang Amos lakukan untuk kampanyekan semua itu saat bertemu teman-teman?” tanya Puan.

Amos saat menjawab pertanyaan Menteri Puan Maharani.

Dengan lugas, Amos menjelaskan tentang peran dirinya membangun komunitas positif lewat perseketuan pemuda di Gereja. Lagi-lagi Amos mendapat aplaus meriah. Menteri Puan pun tersenyum bangga.

“Amos bisa nyanyi dan main gitar?” kejar Menteri Puan.

“Bisa bu!”

“Kalau gitu, nyanyikan sebuah lagu.”

Dan Amon punya menyanyikan lagu yang tengah hits di kalangan anak  muda Papua berjudul Tatinggal di Papua yang dipopulerkan grup music Pecenogei. Setelah menyanyikan dua bait lagu, Menteri Puan kemudian menyerahkan hadiah berupa gitar kepada Amos.

Ratusan Duta GenRe yang hadir pada acara penutupan Harganas XXV.

Perwakilan BKKBN Papua mengutus 4 peserta GenRe yakni Amos Frederick Worisio Mewakili PIK-R jalur masyarakat, Ibnu Daffa Gymnastiar (mewakili PIK-R jalur pendidikan), Ahmad Tri W. Awantano (Duta GenRe  Papua 2017), dan Beatrix Womsiwor selaku Duta Genre Papua 2018.

Puncak acara Harganas ini digelar di Teluk Kota Manado, Kawasan Bisnis Mega Mas, Sabtu (07/07/2018). Acara diawali dengan sepeda tandem dan makan bubur massal. Presiden Jokowi yang sedianya hadir menutup kegiatan Harganas bertema Hari Keluarga: Hari Kita Semua ini batal hadir diwakili Menteri Puan.

Turut hadir pada penutupan kegiatan tersebut, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohanna Yembise, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. (Gusty Masan Raya)

 

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *