Sekda Papua: Road Show Gubernur Untuk Sukseskan PON Papua

Sekda Papua Hery Dosinaen, SIP.M.KP memberikan keterangan pers, Selasa (30/10/2018) di Jakarta.

JAKARTA (PB)—Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, T.E.A. Hery Dosinaen, S.IP.M.KP mengatakan Road Show Pemerintah Provinsi (Pemprov)  yang dipimpin langsung Gubernur  Lukas Enembe SIP.MH bersama beberapa pimpinan Organisasi

Perangkat Daerah (OPD) terkait ke sejumlah Kementerian RI di Jakarta bertujuan untuk menyukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 di Bumi Cenderawasih, Papua.

“Pertemuan pertama sudah kita lakukan bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tadi. Selanjutnya besok akan dilakukan kunjungan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Pemuda dan Olahraha (Kemenpora), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Kementerian PMK,” ujar Sekda Hery kepada pers di Hotel Pulman Jakarta, Selasa (30/10/2018).

Sekda Papua Hery Dosinaen berjabatan tangan dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Menurut Hery, agenda pemerintahan ini dilakukan agar skema pembiayaan  penyelenggaraan PON XX Tahun 2020 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Papua dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tidak tumpang tindih.

“Sebelum kami menyusun APBD 2019, kita sudah membuat skema pemetaan pembiayaan yang tentunya dari APBN sehingga tidak terjadi tumpang tindih nanti. Semua ini bermuarah kepada suksesnya penyelenggaraan PON 2020,” kata Sekda.

Menurutnya, langkah-langkah yang diambil Gubernur Papua Lukas Enembe,S.IP,MH untuk pembangunan venue PON dan suksesi penyelenggaraan PON sudah mendapat dukungan dari Pemerintah Pusat.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyambut kedatangan Gubernur Papua Lukas Enembe dengan berjabatan tangan di Kantor PUPR Jakarta, Selasa (30/10/2018).

“Semua langkah yang diambil Bapak Gubernur sudah ada titik terang yang luar biasa. Sehingga kita harapkan di tahun 2019, semua venue sudah selesai di bangun,” ujar Sekda Hery.

Terkait pertemuan dengan Kementerian PUPR, Sekda Hery mengatakan hasil pertemuan dengan  kementerian  PUPR antara lain dukungan kementerian tersebut membangun venue PON dan juga sarana penunjang lainnya sesuai dengan bidang tugas dan fungsi Kementerian PUPR.

“Kementerian PUPR sangat siap apa yang menjadi pekerjaan rutinnya, seperti masalah pengairan, jalan, perumahan, itu sudah tugas rutinitas yang terakomodir di Kementerian PUPR,” tutup Hery.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP.MH didampingi Menteri PUPR Dr. Ir. Basuki Hadimuljono memberi keterangan pers usai pertemuan di Kantor Kementerian PUPR, Selasa (30/10/2018).

Kepada pers usai pertemuan, Menteri PUPR, DR.Ir Basuki  Hadimuljono mengatakan bahwa selain pembangunan venue PON XX sesuai Inpres nomor 10 tahun 2017, kementeriannya juga ditugaskan membangun rumah susun untuk atlet dan pembangunan infrastruktur jalan penghubung venue dan stadion.

“Saya dapat tugas juga dari Inpres Bapak Presiden RI Joko Widodo untuk  membantu Pak Gubernur, saya siap melaksanakan pembangunan beberapa venue dan kawasan untuk penyelenggaraan PON  2020,” ujar Menteri Basuki. (Gusty Masan Raya/hb)

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *