Menhub: Akan Ada Extra Flight ke Papua Jelang PON XX

Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi berfoto bersama Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE.MM dan rombongan usai pertemuan di Kantor Kemenhub Jakarta, Kamis (08/11/2018).

JAKARTA (PB)—Menteri Perhubungan (Menhub) Ir. Budi Karya Sumadi mengatakan guna menyukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 di Papua, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memanggil maskapai penerbangan  untuk menambah jadwal penerbangan (extra fligt) ke Papua, khususnya ke lima kluster yang menjadi tempat berlangsungnya PON.

Hal itu ditegaskan Menhub Budi Karya usai bertemu Wakil Gubernur (Wagub) Papua, Klemen Tinal, SE.MM dan rombongannya, Kamis (08/11/2018) di Kantor Kemenhub Jalan Merdeka Barat, Jakarta.

Wagub Klemen Tinal menyambangi Kemenhub melanjutkan Road Show PON XX Papua yang telah dimulai oleh  Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP.MH ke sejumlah kementerian pada pekan  sebelumnya.

Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi memberi keterangan pers usai pertemuan dengan Wagub Klemen Papua dan rombongan.

Menurut Budi, menjelang PON Papua, tentu saja tingkat permintaan tiket pesawat ke Papua akan tinggi dan berdampak pada kenaikan harga. Karena itu, pihak Kemenhub akan mengantisipasinya dengan mengundang operator penerbangan untuk membicarakan adanya penambahan jadwal dan rute ke wilayah Papua, khususnya lokasi-lokasi penyelenggaraan PON.

“Tentu juga kita akan menambah extra flight ke lima wilayah Papua yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON 2020. Kita juga akan mensuport dengan menyediakan bus, maupun kapal yang bisa dijadikan sebagai hotel terapung,” tegas Budi.

Budi menegaskan, pada prinsipnya pihak Kemenhub akan menyiapkan dukungan penuh untuk menyukseskan penyelenggaraan PON XX di Papua. Apalagi, melihat tempat pelaksanaan di 5 kluster berbeda,  transportasi menjadi kebutuhan penting, baik transportasi udara, laut dan darat.

“Di darat, kita akan siapkan bis, kita juga akan atur penerbangan, serta kapal laut menuju Papua. Demikian, kita akan lihat beberapa titik yang diperlukan, kita akan lengkapi dengan baik,” ujar Budi Karya Sumadi.

Road Show Wagub Klemen ke Kemenhub diikuti oleh Sekretaris Daerah, T.E.A. Hery Dosinaen, S.IP.M.KP, Asisten I Doren Wakerkwa, SH dana Ketua MRP, Timotius Murib. Turut serta, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemrov Papua, di antaranya Kepala Bappeda Papua, DR. M Musa’ad, Kepala Dinas Perhubungan, Ricky Wambrauw, Kepala Inspektorat, Anggiat Situmorang, SH, Plt. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda, Daud Ngabalin, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Kansianna Salle, SH, Kepala Badan Keuangan, Ridwan Rumasukun, dan Kepala Badan Pendapatan Daerah, Gerson Djitmau, SH.

Suasana pertemuan Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi dengan Wagub Klemen Papua dan rombongan.

Kedatangan Wagub Klemen dan rombongan ke Kantor Kemenhub disambut oleh Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumardi didampingi Sekretaris Jenderal Kemenhub, Djoko Sasono, PLT. Dirjen Perhubungan Udara, Pramintohadi S, PH. Dirjen Perhubungan Laut, Junaedi, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Cucu Mulyana, Kepala Biro Perencanaan Kemenhub dan Pejabat Eselon II Kemenhub lainnya. (Gusty Masan Raya/RM/GS)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *