Pahlawan Papua Dapat Tunjangan Rp 30 per Tahun

Asisten III Bidang Umum Setda Papua Elly Auri ketika memberikan potongan kue ulang tahun Hari Pahlawan ke-73 kepada Kadis Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil Papua, Ribka Haluk usai apel perayaan HKN di halaman Kantor Dinas Kesehatan, Kotaraja, Senin (12/11/2018)

JAYAPURA (PB)—Empat Pahlawan Nasional asal Papua Frans Kaisiepo, Johannes Abraham Dimara, Marthen Indey, dan Silas Papare mendapat tunjangan dari Pemerintah sebesar Rp 30 juta per tahun.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Sosial, Kependudukan Catatan Sipil Provinsi Papua, Ribka Haluk, usai Apel Perayaan Hari Pahlawan ke-73 dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 di Kantor Dinas Kesehatan Papua, Senin, (12/11/2018).

Menurut Ribka, tunjangan tersebut diberikan kepada pihak keluarga masing-masing pahlawan. Ribka juga menjelaskan tunjangan bagi pahlawan Papua ini sebagai tanda penghargaan bagi mereka yang berjasa besar membawa Indonesia lepas dari penjajahan.

“Bantuan kepada pahlawan Nasional itu berasal dari APBN per tahun Rp 30 juta,” tegas Ribka.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Papua tahun ada mengusulkan calon Pahlawan Nasional asal Papua. Salah satunya dari Biak yang berasal dari marga Simbiak. Hanya saja, katanya, untuk menjadi Pahlawan Nasional, prosesnya cukup panjang karena berkaitan dengan dokumen-dokumen, kemudian siapa yang terlibat dan lain sebagaianya.

“Jadi setiap tahun kami usulkan, ada calon pahlawan dari Merauke dan Biak, namun belum mendapat persetujuan pemerintah pusat,” katanya.

Tiga dari empat Pahlawan Nasional asal Papua.

Sebelumnya, Asisten III Bidang Umum Setda Papua, Elly Auri saat membacakan sambutan Menteri Sosial RI mengatakan pada setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Auri, setiap zaman mempunyai pahlawan di kiprahnya masing-masing. Auri juga menyebut Indonesia memerlukan pahlawan baru. yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini.

“Pada akhirnya, melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan, saya mengajak marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa dengan menggali dan meneruskan semangat perjuangan para pahlawan kita,” kata Auri. (Gusty Masan Raya)

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *