Tahun 2019, APBD Kabupaten Tolikara Naik 0,69%

Ketua DPRD Tolikara Ikiles Kogoya, SH didampingi Wakil Ketua I Yanus Kogoya dan Wakil Ketua II Kostan Towolom menyerahkan dokumen sidang penetapan anggaran tahun 2019 kepada Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo, SE.M.Si didampingi Wakil Bupati Tolikara Dinus Wanimbo, SH.M.H di Aula Sidang DPRD Tolikara di Karubaga Rabu (19/12/2018)

KARUBAGA (PB)— Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua menggelar Sidang Paripurna Masa Persidangan Empat Dewan tentang Nota Keuangan dan RAPERDA Anggaran  Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Tolikara tahun Anggaran 2019, dan RAPERDA Non APBD tentang tambahan Penyertaan Modal pada Perseroan Terbatas Bank Pembangunan Daerah Papua tahun 2019.

Sidang Pembukaan dimulai sejak Kamis (13/12/2018 di Aula Sidang DPRD Tolikara di Karubaga dipimpin langsung Ketua DPRD Tolikara Ikiles Kogoya, SH didampingi Wakil Ketua I Yanus Kogoya dan Wakil Ketua II Kostan Towolom. Turut hadir pada siding itu, Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo, SE.M.Si dan Wakil Bupati Tolikara Dinus Wanimbo, SH.M.H serta seluruh Muspida Tolikara. Sidang ditutup pada Rabu (19/12/2018).

Bupati Tolikara Usman G Wanimbo  SE,M.Si dalam sambutannya mengatakan, tahun 2019, APBD Kabupaten Tolikara sebesar  Rp. 1.601.081.801.625.00 (satu trilyun enam ratus satu milyard delapan puluh satu juta delapan ratus satu ribu enam ratus dua puluh lima rupiah.)di Sementara pada tahun 2018, APBD Tolikara sebesar Rp. 1.590.034.337.193.79 (satu trilyun lima ratus Sembilan puluh milyard tiga puluh empat juta  tiga ratus tiga puluh tujuh ribu seratus sembilan puluh tiga koma tujuh puluh aembilan rupiah.

“Jadi ada kenaikan sebesar 0,69 persen. Saya berharap kepada seluruh pelaku penyelenggaraan pemerintahan agar lebih mengutamakan skala prioritas dengan mengoptimalisasi program dan kegiatan yang ditetapkan dengan mengacu kepada prinsip-prinsip pengelolaan keuangan daerah yang efisien, efektif, ekonomis, akuntabel, transparan, serta dapat mengupayakan penyerapan anggaran tepat waktu,” kata Usman.

Bupati Tolikara juga dalam kesempatan Sidang Paripurna  IV masa persidangan III di akhir tahun 2018 ini menyampaikan pesan untuk selalu menjaga situasi yang kondusif saat perhelatan akbar Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif yang akan berlangsung pada 17 April 2019.

”Saya sampaikan dalam kesepantan ini juga agar semua para pelaku pemerintahan di tetap menjaga situasi yang kondusif menciptakan situasi kerja yang  aman dan fokus dalam melayani serta menjalankan program pembangunan di Tolikara. Pemerintahan harus terus berjalan karena ASN harus netral sehingga pemerintahan berjalan netral dangan baik tanpa hambatan. Di samping itu pesta demokrasi pun berjalan baik dan lancar,”  tegas Bupati Usman.

Bupati Usman Wanimbo dan Wabup Dinus Wanimbo berfoto bersama Ketua DPRD Tolikara Ikiles Kogoya, SH didampingi para wakil ketua dan anggota DPRD Tolikara usai penutupan sidang di Aula Sidang DPRD Tolikara, Karubaga, Rabu (19/12/2018)

Dalam kesempatan ini, Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo, SE.M.Si menyerahkan RKA kepada Badan Legislatif yang diterima langsung oleh ketua DPR Ikiles Kogoya,   SH untuk selanjutnya disidangkan.

Sementara itu, Ketua DPRD Ikiles Kogoya, SH dalam sambutannya mengatakan APBD Tolikara terbesar masih berasal dari bantuan pemerintah Pusat dan bukan dari Pendapatan Asli Daerah (PAD). Menurutnya,  hal ini menunjukkan ketergantungan yang harus diatasi Pemda Tolikara di 2019 dengan membaca peluang yang nantinya dapat diangkat sebagai sumber penerimaan/pendapatan daerah.

“Harus lebih kreatif dalam mengesplorasi sumber-sumber pendapatan daerah tersebut. Tentunya dibarengi dengan perangkat hukum yang pasti dan jelas,” tegas Ikiles.

Sidang Paripurna ke IV masa persidangan III ini merupakan sidang terakhir di tahun 2018 yang nantinya membahas RKA Kabupaten Tolikara yang disusun berdasarkan kebutuhan setiap SKPD. RKA ini nantinya akan dibahas dan disahkan oleh DPRD  Tolikara untuk selanjutnya diserahkan kepada Pemkab Tolikara di tahun 2019 nanti.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tolikara  Anton Warkawane, SE sebagai pimpinan tertinggi Aparat Sipil Negara (ASN) di Tolikara mengajak seluruh ASN agar benar-benar membangun Kabupaten Tolikara di tahun 2019 ini menjadi lebih baik lagi.

“Jadikan tahun 2018 sebagai pengalaman berharga dan mari kita kerja bersama, kerja keras membangun Tolikara di tahun 2019,” ujar Anton. (Gusty Masan Raya/Derwes Yikwa/Diskominfo Tolikara)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *