Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo, SE.M.Si menerima penghargaan Golden Award SIWO 2019 dari Ketua PWI Pusat, Atal Depari kepada Bupati Usman di Gedung Grahadi Surabaya, Jumat (08/02/2019) malam.

SURABAYA (PB.COM)—Bupati Usman Genongga Wanimbo menerima penghargaan “Golden Award” dari Seksi Wartawan Olahraga Indonesia (SIWO) PWI Pusat atas kepeduliannya membangun bidang olahraga di Kabupaten Tolikara hingga mengukir prestasi sepak bola seperti Galanita dan Persitoli.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua PWI Pusat, Atal Depari kepada Bupati Usman di Gedung Grahadi Surabaya, Jumat (08/02/2019) malam, disaksikan sejumlah menteri dan pejabat tinggi Negara, di antaranya Menpora Imam Nahrawi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan beberapa pejabat negara lainnya.

Malam Anugerah SIWO Golden Award PWI Pusat 2019 merupakan rangkaian acara utama peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun ini yang turut dihadiri Presiden RI Ir. H. Joko Widodo.

“Penghargaan ini saya dedikasikan kepada masyarakat dan atlet berprestasi di Kabupaten Tolikara. Termasuk segenap jajaran pelatih Persitoli Tolikara dan pengurus cabang olahraga lainnya yang begitu serius memajukan dunia olahraga di Tolikara,” kata Bupati Usman Wanimbo dalam sesi wawancara usai prosesi penyerahan penghargaan.

Bupati Usman bersaman mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo

Menurut Bupati Usman, dalam beberapa tahun terakhir ini, Pemerintah Kabupaten Tolikara memberi perhatian khusus pada bidang olahraga. Hal itu tercermin dalam tim Galanita Tolikara yang dalam tiga tahun menjadi juara Nasional, bahkan beberapa pemain masuk dalam Timnas Galanitia Indonesia.

Selain itu, tim Persitoli Tolikara juga tahun 2018 lolos hingga babak 32 besar liga 3 Nasional. “Bukan saja cabang olahraga sepak bola, kita akan perhatian cabang olahraga lainnya,” kata Usman.

Usman menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Tolikara juga secara konsisten menggelontorkan anggaran untuk pembangunan venue terbang layang. Venue yang akan digunakan nanti pada saat Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020,  kini prosesn pembangunanya sudah rampung, dan sekarang sedang dilakukan  proses pengaspalan jalan ke lokasi venue PON tersebut.

Bupati Usman bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

“Sejak beberapa tahun terkahir, kita konsen membangun sarana dan prasana olahraga di Kabupaten Tolikara, kita harapkan dengan adanya penghargaan ini dapat menjadi motivasi untuk lebih baik lagi kedepannya dalam memajukan olahraga,” ucapnya

Sementara itu, Kepala Dinas Infokom Tolikara Derwes Jikwa menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada teman-teman jurnalis yang tergabung dalam SIWO PWI Papua, yang sudah mengakomodir Pemerintah Kabupaten Tolikara dalam menerima penghargaan Golden Award SIWO PWI.

Tim Galanita Tolikara yang mengukir prestasi di tingkat nasional.

“Penghargaan ini tidak semata menjadi simbol seremoni, tetapi menjadi sebuah pendorong untuk pemda Tolikara lebih pro aktif memberikan porsi yang cukup dalam pembinaan dan kemajuan olagraga di Tolikara,” ungkapnya.

Derwes mengatakan, selama ini Tolikara sudah punya prestasi di tingkat Nasional lewat sepak bola putri yang dalam tiga tahun terakhir menjadi juara Nasional.

“Dan Tolikara menjadi tolak ukur di Provinsi Papua dalam pembentukan tim sepak bola putri dalam menghadapi PON XX Papua 2020,” ujar Derwes. Tutupnya. (Gusty Masan Raya/LB/dbs)

Facebook Comments Box