Seluruh Muatan Disepakati, Presiden Diminta Segera Terbitkan Inpres PON Papua

Peserta Rapat Finalisasi Rancangan Instruksi Presiden tentang Dukungan Penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI berpose bersama di Hotel Aston Bogor, Kamis (14/03/2019).

JAKARTA (PB.COM)—Pemerintah Provinsi Papua meminta Presiden Jokowi segera menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) tentang Percepatan Pembangunan/Rehabilitasi Prasarana dan Sarana Olahraga serta Prasarana Pendukung dalam Penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua. Sebab isi muatan dalam rancangan Inpres itu telah disepakati di tingkat Kementerian dan dalam waktu dekat akan segera disampaikan ke  Presiden.

Demikian harapan yang disampaikan Kepala Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Papua di Jakarta, Alexander Kapisa, Kamis (14/03/2019) usai Rapat Finalisasi Rancangan Instruksi Presiden tentang Dukungan Penyelenggaraan  PON XX dan Peparnas XVI yang diselenggarakan di Hotel Aston Bogor, 13-15 Maret 2019 sebagaiman press release yang diterima papuabangkit.com, Kamis malam.

Rapat dipimpin langsung oleh Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S. Dewa Broto dan dihadiri oleh perwakilan Kementrerian/Lembaga serta Asisten II Bidang Perekonomian Pemprov Papua dan sejumlah kepala OPD di Pemprov Papua di antaranya, Kepala Bappeda, Kepala Inspektorat, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, dan Kepala Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Papua di Jakarta.

“Pertemuan dua hari ini sangat produktif dan akhirnya dapat menyelesaikan Rancangan Inpres tersebut untuk segera disampaikan ke Bapak Presiden. Kemenpora menjadwalkan pertemuan sekali lagi dengan seluruh Kementerian/Lembaga sebelum Inpres ini benar-benar disampaikan ke Presiden melalui Menteri Pemuda dan Olah Raga sebagai Pemrakarsa. Seluruh yang hadir dalam pertemuan ini telah menyepakati muatan-muatan yang ada di dalam Inpres, dengan penambahan-penambahan beberapa hal penting dan strategis, seperti penanganan jalan alternatif di Jayapura sebagai penunjang PON dan Wisma Atlit di beberapa lokasi,” ujar

Menurut Alex, Menteri pemuda dan Olahraga akan segera mengirimkan rancangan Inpres PON ke Presiden Jokowi setelah pertemuan terakhir yang akan segera dijadwalkan oleh Kemenpora.

Suasana Rapat Finalisasi Rancangan Instruksi Presiden tentang Dukungan Penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI berpose bersama di Hotel Aston Bogor, Kamis (14/03/2019).

“Setelah rancangan ini disempurnakan dengan mengacu pada hasil rapat dua hari ini, pada pertemuan selanjutnya hanya perlu penegasan dari masing-masing Kementerian/Lembaga mengenai muatan-muatan bahwa telah sesuai dengan usulan masing-masing. Pemprov sih inginnya segera saja difinalkan agar tidak menunggu lama lagi Inpres ini terbit. Kami berharap Bapak presiden dapat segera manandatangani Inpres ini karena sangat penting dalam proses penyiapan pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI,” tegas Kapisa.

Sebelumnyam pada November 2018 lalu, Gubernur Papua Lukas Enembe SIP.MH dan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, SE.MM beserta rombongan OPD Pemprov Papua melakukan road show PON Papua ke beberapa Kementerian/Lembaga. Salah satu permintaan yang disampaikan ketika ialah segera menerbitkan Inpres tentang PON Papua karena beberapa venue yang harus segera disiapkan sampai saat ini belum dikerjakan.

Beberapa Menteri Kabinet Kerja, khususnya Menteri PUPR bersedia untuk membantu pembangunan/penyiapan venue-venue yang dibutuhkan selama hal tersebut dimuat dalam Inpres, sebagaimana yang dilakukan pada saat penyiapan venue-venue Asian Games yang baru lalu. (Gusty Masan Raya/PR/Ist)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *