Lapangan Yahukimo Bangkit  Ditargetkan Rampung Tahun Ini

Bupati Yahukimo Abock Busup, MA ketika meninjau pengerjaan Lapangan Yahukimo Bangkit di Dekai, baru-baru ini.

DEKAI (PB.COM)—Harapan maayarakat Yahukimo, khususnya generasi muda yang berbakat di olaahraga sepak bola untuk memiliki lapangan sendiri akan terwujud tahun ini. Tak hanya lapangan,, Pemerintah Kabupaten Yahukimo juga tengah membangun sebuah gedung olahraga (GOR) yang representatif dan ditargetkan selesai pada Desember 2019 ini.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Yahukimo Andreas Gobay saat ditemui di Lapangan Sepak Bola Yahukimo Bangkit di Dekai, Senin (11/03/2019) mengatakan bahwa pihanya mendapat bantuan senilai Rp 24 milyar dari Pemerintah Pusat untuk membangun dua fasilitas olahraga itu.

“Progres lapangan sepak bola saat ini sedang dalam tahap penanaman rumput sambil menunggu material lain yang didistribusikan mengunakan transportasi sungai. Harapan kami untuk memiliki lapangan sepak bola berstandar nasional di Kabupaten Yahukimo akhirnya dapat terwujud setelah kami mendapat bantuan dana  dari Pemrintah Pusat sebesar Rp 24 miliar untuk pembangunan lapangan sepakbola dan GOR yang lokasinya di lokasi kantor bupati lama di pusat kota,” ujar Andreas.

Menurut Andreas, bibit pemain muda di bidang sepak bola memang cukup banya. Oleh karena itu, sebagai instansi teknik, pihaknya berjuang untuk membangun fasilitas demi pembinaan dan pengembangan minat bakat mereka.

Lapangan ini, kata dia, dikerjakan oleh konsultan yang terlatih dalam bidang lapangan, dibangun mengunakan siatem drainase dengan mengunakan pipanisasi di dalam lapangan untik peresapan air agar tidak tergenang, untuk rumput yang sudah di tanam ini dan diperkirakan bulan april mendatang rumput sudah tumbuh.

“Animo masyarakat khususnya kaum muda  yang memiliki bakat bermain bola sangat tinggi. Mereka ingin fasilitas lapangan sepak bola dan GOR ini segera digunakan. Kami targetkan, lapangan ini selesai Desember 2019 dan diresmikan. Setelah itu, kita pakai perdana untuk membuat turnamen memperebutkan piala Bupati Yahukimo,” kata Andreas.

 

 

Diperjuangkan Selama 10 Tahun

Sementara itu, Kepala Bidang Olahraga pada Dispora Kabupaten  Yahukimo, Anis Kogoya mengatakan perjuangan untuk membangun lapangan sepak bola ini sudah sejak 10 tahun silam, ketika bidang kerjanya masih bergabung dengan Dinas Pariwisata. Karena itu, ia bangga dan bersyukur bahwa di masa kepemimpinan Bupati Abock Busup, MA, perjuangan itu baru bisa terwujud.

“Sebagai anak daerah, saya sanggat senang dan bersyukur karena setelah dipisahkan dari Dinas Pariwisata dan Dispora menjadi dinas sendiri, oleh Bupati Abock Busup lapangan ini bisa kerjakan. Ini akan menjadi tanda mata kami Dinas Pemuda Dan Olahraga di Kabupaten Yahukimo,” ujar Anis.

Anis juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Yahukimo di bawah kepemimpinan Bupati Abock Busup dan Wakil Bupati Yulianus Heluka yang siap juga membangun GOR. Saat ini, katanya, kendati peekerjaan masih berjalan, animo masyarakat untuk mau memanfaatkan fasilitas olahraga itu sangat tinggi.

“Kami berharap, jika lapangan ini sudah jadi, maka dari lapangan sepak bola ini akan muncul Fery Pahabol baru di tempat ini. Tahun lalu kita gelar turnamen Bupati Cup selama sebulan, banyak bibit pemain sepak bola yang muncul, tetapi tiba-tiba hilang lagi karena kendalanya lapangan belum ada. Saya bersyukur kepada kaka Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga yang berjuang sampai ke Pusat dan akhirnya diberi dana Rp 24 milyar,” katanya.

“Saya pikir, salah satu penghargaan kami yang mengabdi di sini adalah melihat generasi muda Yahukimo punya lapangan sendiri untuk berlatih. Dan ketika kami sudah pensiun, itu ada tanda mata kami dengan lahirnya Fery Pahabol lain yang mengharumkan nama Yahukimo dan Papua di lapangan hijau,” tutup Anis. (Paul Karma/Diskominfo Yahukimo)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *