Hari Ini, KPUD  Pegubin Baru Distribusi Logistik Pemilu ke 12 Distrik

Petugas mengangkut logistik Pemilu ke TPS-TPS di salah satu distrik di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua yang baru tiba dengan pesawat AMA, Sabtu (13/04/2019).

JAYAPURA (PB.COM)—Tinggal esok, 17 April 2019, pesta Pemilihan Umum (Pemilu) serentak seluruh Indonesia akan berlangsung. Namun di Papua, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin) belum menyelesaikan pendistribusian logistik Pemilu. Dari 34 distrik, baru 22 distrik yang berhasil didistribusikan sementara 12 distrik tersisa baru dilaksanakn hari ini, Selasa (16/04/2019)..

“Semenjak hari Sabtu sampai dengan hari ini telah kami kirim logistik Pemilu ke 22 distrik yang ada di Kabupaten Pegunungan Bintang. Semua berjalan aman dan lancar. Dari 34 distrik di Pegubin, berarti masih tersisa 12 distrik. Besok pagi kami akan kembali mengirimkan logistik,” kata Ketua KPUD Kabupaten Pegubin, Titus Lao Mohi, S.Si.M.Si ketika dikonfirmasi wartawan via sambungan telepon, Senin Sore (15/4/2019).

Menurut Lao Mohi, dengan terdistribusinya logistik ke 22 distrik maka masih tersisa 12 distrik lagi yang belum terkirim. Dijadwalkan Selasa pagi  (16/4/2019), KPUD Pegubin akan kembali mengirimkan logstik.  Untuk pengiriman logistik ke distrik-distrik, lanjut Mohi, KPUD Pegubin bekerjasama dengan perusahaan penerbangan Associated Mission Aviation (AMA) Papua. Dari 34 distrik, hanya satu distrik yakni Distrik Oksebang yang terpaksa diangkut menggunakan Helikopter.

“Kita angkut logistik menggunakan pesawat AMA. Hanya Distrik Oksebang yang terpaksa diangkut menggunakan Helikopter. Sebenarnya untuk ke Oksebang bisa menggunakan jalan darat namun akibat jembatan kesana putus makanya kita gunakan heli,”ungkap mantan wartawan itu.

Ketua KPUD Kabupaten Pegubin, Titus Lao Mohi, S.Si.M.Si ketika bersiap mengirim logistik Pemilu melalui pesawat AMA ke sejumlah distrik.

Lao Mohi menegaskan bahwa penyelenggara Pemilu 2019 baik KPUD Kabupaten Pegubin, Panitia Pemilihan Distrik (PPD), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan pengawas Pemilu telah siap dan sudah berada di masing-masing tempat tugas dan dipastikan Pemilu dapat terselenggara dengan baik dan aman.

“Semua penyelenggara Pemilu sudah siap ditempat dan Pemilu pasti berjalan sesuai dengan yang kita harapkan,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, dia juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pegubin, Bupati beserta jajaran, Kapolres, Ketua Bawaslu Pegubin dan jajaran dan masyarakat yang telah mendukung proses Pemilu 2019. “Khusus kepada Pemda, Polres, Bawaslu dan pihak penerbangan AMA yang telah mendukung kami distribusi logistik dan menyiapkan penyelenggaraan Pemilu,” tandas Lao Mohi.

Data KPU menyebutkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS)di Pegubin sebanyak 342 TPS dengan jumlah pemilih sebanyak 96.859 pemilih terdiri dari 53.326 pemilih pria dan  43.533 pemilih wanita.

Kabupaten Pegunungan Bintang terdiri atas 34 distrik, yakni distrik Aboy, Alemsom, Awinbon, Batani, Batom ,Bime, Borme ,Eipumek, Iwur, Jetfa, Kalomdol, Kawor, Kiwirok, Kiwirok Timur, Mofinop, Murkim, Nongme, Ok Aom, Okbab, Okbape, Okbemtau, Okbibab, Okhika, Oklip, Oksamol, Oksibil, Oksop, Pamek, Pepera, Serambakon, Tarup, Teiraplu dan  distrik Weime. (Hans/Gusty Masan Raya)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *