Wakil Bupati Nabire Ajak Remaja Jadi GenRe Sehat, Cerdas dan Ceria

Wakil Bupati Nabire Amirullah Hasyim,S.IP,MM berfoto bersama GenRe Nabire pada kegiatan workshop dan pemilihan Duta GenRe Nabire, Senin (15/04/2019)

NABIRE (PB.COM)Wakil Bupati Nabire Amirullah Hasyim,S.IP,MM mengajak generasi muda di Nabire mengatakan untuk membangun ketahanan keluarga dan keluarga berkualitas, dibutuhkan perencanaan dan kesiapan berkeluarga..

“Ikon Generasi Berencana atau GenRe merupakan representasi dari remaja yang memiliki perencanaan dalam mempersiapkan dan melewati 5 transisi kehidupan remaja, yaitu mempraktikkan hidup bersih dan sehat, melanjutkan pendidikan,  memulai berkarir, menjadi anggota masyarakat yang baik, serta (5) membangun keluarga yang berkualitas. Ini harus dilewati,” kata Wakil Bupati Amirullah saat membuka kegiaatan workshop Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja Sebagai Calon Ibu Bagi Pengelola di Nabire, Senin (15/04/2019.

Menurut Amirullah, era kini lazim dikenal dengan era milenial, mengharuskan setiap remaja untuk terus mengembangkan diri guna meningkatkan kompetensi yang dimiliki agar mampu bersaing dan bertahan dengan perubahan zaman yang sangat dinamis.  Perubahan yang sangat dinamis ini, kata Amirullah, sebaiknya disikapi dengan perencanaan yang matang oleh remaja guna menghadapi tantangan masa depan yang kompetitif.

“Remaja perlu merencanakan apa yang akan mereka lakukan untuk masa depan mereka. lewat program “generasi berencana” atau populer dengan istilah “genre” yang merupakan salah satu gagasan program pembangunan keluarga, yang adalah bagian dari program KKBPK (Kependudukan, Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga), memiliki tujuan untuk menciptakan generasi muda yang handal, sehat, cerdas dan ceria,” tegas Amirullah.

Oleh karena itu, workshop ini, kata Amirullah, merupakan upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman remaja oleh teman sebayanya (peer group) di Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja melalui Pendidik Sebaya, dimana semua remaja yang hadir saat ini diharapkan bisa menjadi konselor atau pendidik sebaya bagi teman-teman remaja lainnya.   

“Kalian harus hindari seks pranikah, cegah pernikahan dini dan jauhkan diri dari NAPZA. Itu intinya. Bagi yang akan terpilih sebagai Duta GenRe, saya meminta semoga bisa mengharumkan nama remaja Nabire di tingkat Provinsi Papua maupun Nasional. Buktikan bahwa Nabire bukan hanya memiliki potensi keindahan alam yang mengagumkan namun juga remaja yang membanggakan. Setelah selesai mengikuti workshop ini mari giatkanlah kegiatan- kegiatan di PIK Remaja Anda masing-masing. Jadilah remaja Nabire yang sehat, cerdas dan ceria,” tutup Wabup. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *