Kepala BKKBN Papua: “Tahun 2020 Kita Bikin Yang Lebih Meriah”

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Sarles Brabar, SE.M.Si menyerahkan plakat dan piagam penghargaan Duta GenRe Papua terpilih, Yuliance Felle dan Ibnu Alif Daffa Gymnastiar pada malam puncak pemilihan Duta GenRe, Jumat (03/05/2019) di Hotel @Hom Jayapura.

JAYAPURA (PB.COM)—Malam puncak Pemilihan Duta GenRe Papua 2019 ini memberi kesan tersendiri bagi Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Sarles Brabar, SE.M.Si. Ia sangat mengapresiasi panitia dan tim kreatif yang telah mendesain konsep acara dengan sangat bagus, istimewah dan semarak.

“Ini malam yang luar biasa. Beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2020 kita akan lakukan yang lebih besar dan lebih meriah lagi. Mudah-mudahan BKKBN beri anggaran yang cukup,” kata Sarles disambut tepuk tangan meriah.

Menurut Sarles, untuk pertama kalinya, pemilihan Duta GenRe tahun ini melibatkan peserta dari kabupaten di luar wilayah Jayapura dan Keerom. Jika tahun ini hanya seleksi peserta hanya di 3 wilayah adat yakni Wilayah Adat Saereri di Biak, Anim Ha di Merauke dan Mee Pago di Nabire, maka tahun depan pihaknya akan menjangkau juga wilayah Lapago.

Ke-20 finalis Duta GenRe Papua 2019 berpose bersama usai pengumuman pemenang.

“Proficiat kepada pemenang. Yang malam ini tidak berhasil, jangan kecewa. Kalian bisa juga ikut Duta Bahasa, Duta Pariwisata, atau Duta Anti Narkoba. Tetapi ingat, kalian yang 20 orang finalis ini tetap gabung di GenRe Papua dan terus belajar. Saya secara khusus bangga dengan Merauke yang tampil luar biasa dan masuk final. Banyak guru dari daerah lain telp minta agar mereka juga ikut tahun ini, tapi kami terbatas anggaran. Mudah-mudahan tahun depan kita akan tambah lagi kabupaten lain,” katanya.

Sarles berharap para Duta GenRe yang terpilih bisa membawa perubahan dan membawa nama baik untuk bersaing ke pemilihan Duta GenRe di tingkat Nasional.

“Papua itu unik dan selalu jadi perhatian khusus. Karena itu, saya minta finalis, terutama yang Asli Papua, jangan takut! Harus percaya diri, karena kalian bisa mengharumkan nama Papua di mata bangsa ini,” katanya.

Sarles juga berterimakasih kepada semua pihak, terutama kepada Pemerintah Kota Jayapura yang memberikan support acara ini secara khusus Wakil Walikota dan Kepala DP3A  dan KB yang hadir, para sponsor dan panitia yang telah bekerja keras menyukseskan acara ini.

Bunda GenRe Provinsi Papua Betty Pui berpose bersama Juara Favorit Duta GenRe Papua 2019, Winsi Almung dan Cecilia Pahelerang.

Bunda GenRe Provinsi Papua yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3A-KB) Betty Pui mengatakan usai pemilihan ini, saat kembali ke daerahnya masing-masing, para finalis harus menjadi motivator bagi kaum remaja di lingkungan tempat tinggalnya untuk menularkan hal-hal positif.

“Ini adalah tanggung jawab besar di pundak mereka untuk menyampaikan kepada remaja untuk menghindari tiga hal yaitu seks pranikah, pernikahan dini dan NAPZA. Selamat kepada yang menang dan siapkan diri untuk ke ajang pemilihan Nasional,” kata Betty kepada papuabangkit.com.

Ketua Panitia malam Puncak Pemilihan Duta GenRe ke-8, Primus Parjer mengatakan pihaknya memilih konsep tema Infinity and Creatifity dimana angka 8 itu tidak ada putus-putusnya. Karena itu, seperti angka 8, pihaknya yakin kreativitas anak Papua tidak ada batasnya.

“Jadi kami padukan konsep acara yang berbeda dengan teknologi, lighting panggung, multimedia serba milenial dan modern,” kata Primus.

Duta GenRe Papua 2018 turut hadir dalam malam puncak pemilihan Duta GenRe Papua 2019.

Kegiatan ini disponsori Pemerintah Kota Jayapura, Apple Salon, Black On Box Cafe dan Kimia Farma serta bekerjasama dengan Hotel @Hom dan Ellproject.

Hadir membuka kegiatan, Wakil Walikota Jayapura Ir. Rustan Saru, MM, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3A-KB) Kota Jayapura Betty Pui, Kepala Perwakilan BKKBN Papua Sarles Brabar SE.M.Si, Sekretaris BKKBN, Agus Nur Santosa, SE, Kepala Bidang Djonny Suwuh dan sejumlah pejabat Eselon III dan jajaran BKKBN Papua.

Tak ketinggalan, sejumlah duta dari kategori lain di Jayapura turut hadir memberi dukungan, di antaranya Duta GenRe Papua 2018, Duta Bahasa, Duta Anti Narkoba, dan Duta Pariwisata. Penyanyi asal Papua yang cukup terkenal di blantika musik tanah air, Dorkas Waroy juga tampil mempersembahan suara emasnya lewat beberapa tembang.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Yuliance Felle, mahasiswi Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) dan Ibnu Alif Daffa Gymnastiar, Siswa SMA Negeri 4 Jayapura terpilih menjadi Duta GenRe Provinsi Papua tahun 2019 pada malam puncak pemlihan Duta Genre di Hotel @Hom Jayapura, Jumat (03/05/2019).

Sebanyak 20 finalis tampil memperagakan kemampuannya di hadapan Dewan Juri. Ke-20 finalis itu berasal dari 5 kabupaten/kota yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Biak Numfor, Merauke dan Nabire. Mereka lolos seleksi mengalahkan 287 peserta lainnya yang telah mengikuti ajang ini di wilayahnya masing-masing. (Gusty Masan Raya)

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *