Pencaker di Yahukimo Tembus 3.366 Orang

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Yahukimo Nelson Kabak

DEKAI (PB.COM)—Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Yahukimo, Papua mencatat hingga tanggal 3 Mei 2019, jumlah Pencari Kerja (Pencaker) di Yahukimo mencapai 3.366 orang.

“Itu data yang kami catat berdasarkan jumlah pencari kerja yang mengurus kartu kuning di Disnaker hingga 3 Mei ini,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Yahukimo Nelson Kabak kepada papuabangkit.com di kantornya di Dekai, Jumat pagi (03/05/2019).

Menurut Nelson, jumlah pencaker yang menembus angka 3.366 itu termasuk di dalamnya para pencari kerja yang hendak melakukan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2019 ini.

“Rata-rata pencaker semuanya Orang Asli Papua. Tidak menutup kemungkinan, jumlah pencaker ini bisa bertambah ke depan. Karena hingga hari ini, para pencaker yang datang untuk mengurus kartu kuning terus bertambah, baik yang pengurusan baru maupun yang melakukan perpanjangan kartu kuning,” jelasnya.

Sejumlah pelamar CPNS saat melakukan registrasi di Aula Kantor Diskominfo Yahukimo mengunakan akses internet yang disiapkan

Dia mengatakan, terkait pelayanan pengurusan kartu kuning, pihak Disnaker Yahukimo melayani sesuai Standar Operasional Prosesdural (SOP) yang berlaku yaitu apabila berkas persyaratan lengkap maka proses cetak bisa dilakukan hanya dalam waktu 5 sampai 10 menit.

Oleh karena itu, ia berharap para pencaker yang hendak mengurus kartu kuning dapat memperhatikan kelengkapan persyaratan yang ditetapkan yaitu foto copy KTP 1 lembar, foto copy ijazah SD,SMP/SMK, SI/S2/S3 masing masing 1 lembar, dan pas foto 3×4 serta foto ukuran 2×3 masing masing 1 lembar.

“Kami tetap berusaha memberikan pelayan yang baik bagi semua masyarakat yang melakukan pengurusan kartu kuning, tetapi perhatikan semua persayaratan agar lancar dalam prosesnya,” tegas Nelson. (Gusty/Paul Karma/Diskominfo Yahukimo)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *