Duta GenRe Harus Berani Periksa HIV-AIDS

Bunda GenRe (Generasi Berencana) Provinsi Papua Betty Pui

JAYAPURA (PB.COM)—Bunda GenRe (Generasi Berencana) Provinsi Papua Betty Pui meminta para Duta GenRe di seluruh Provinsi Papua harus berani melakukan tes HIV-AIDS di layanan Voluntary Counselling And Testing (VCT) yang tersedia setiap daerahnya. Sebab remaja adalah salah satu kelompok yang beresiko.

“Saya minta para Duata GenRe harus berani melakukan tes HIV AIDS, menjadi contoh dan mengajak para remaja lainnya untuk ikut memeriksakan diri. Walikota Jayapura sudah minta memulai dari Organisasi Perangkat Daerah. Nah kami selaku penanggung jawab Bunda GenRe ikut meminta agar para remaja juga wajib lakukan karena mereka juga kelompok beresiko,” kata Betty menjawab papuabangkit.com usai malam puncak pemilihan Duta GenRe tingkat Provinsi Papua, Jumat (03/05/2019) di Hotel @Hom Jayapura.

Menurut Betty, HIV-AIDS memang masih menjadi momok yang mengerikan bagi masyarakat. Tak jarang, banyak orang yang enggan melakukan tes HIV meskipun dirinya termasuk dalam kategori kelompok yang berisiko terinfeksi HIV. Apalagi tingkat ancaman HIV-AIDS di Papua sangat tinggi dan merata di semua kalangan, termasuk generasi muda. Dimana data Dinas Kesehatan Papua 2018 menunjukkan kasus HIV-AIDS menembus angka 30.874 orang.

Bunda GenRe Provinsi Papua Betty Pui berpose bersama Juara Favorit Duta GenRe Papua 2019, Winsi Almung dan Cecilia Pahelerang.

Pada kesempatan itum  Betty juga mengajak para Duta GenRe dan para remaja di Papua untuk hadir dan terlibat dalam kegiatan positif untuk menembangkan talenta dan kemampuan mereka dan menjadi generasi yang siap merencanakan kehidupannya, baik pendidikan, kesehatan, atau kerjanya.

“Hindari seks pranikan, pernikahan dini dan NAPZA. Tiga hal ini kan merusak masa depan generasi kita. Raih pendidikan setinggi-tingginya, masa depan kalian masih panjang,” tegas

Sementara itu, Wakil Walikota Ir. H. Rustan Saru, MM dalam sambutannya saat membuka kegiataan malam Puncak Pemilihan Duta GenRe 2019 tingkat Provinsi Papua mengatakan, tantangan yang dihadapi para remaja di era milineal sangat besar. Para remaja harus berkreativitas tanpa henti agar menjadi bekal hidup mereka, sehingga mereka akan siap berkompetisi.

“Anak muda Papua harus zaman now harus dibekali dengan berbagai pengalaman dan soft skills yang baik hinggamenjadi anak muda yang kreatif, aktif dan inovatif di era modern kini,” kata Rustan.

Wakil Walikota Ir. H. Rustan Saru, MM saat memberikan sambutan pada malam puncak Pemilihan Duta Genre Papua 2019.

Menurutnya, ajang Kreativitas Remaja dan Pemilihan Duta Genre ini, diharapkan dapat membuat remaja di Papua lebih terbuka terhadap berbagai pengalaman baru yang positif.  Anak muda perlu merasakan pengalaman baru yang positif, karena akan melatih remaja untuk berpikir kreatif dan bergerak lebih aktif, juga peka terhadap masalah-masalah sosial di sekeliling kita.

“Dengan mencoba mengembangkan ide-ide kreatifitas lewat Generasi Berencana akan lahir generasi-generasi emas nan cemerlang milik Papua, yang membanggakan. Yang dapat memotivasi generasi muda Papua yang lain, agar lebih kreatif, aktif dan inovatif. Dan dapat menjadi icon Generasi Berencana yang memiliki daya juang yang tinggi yang sehat, cerdas dan ceria,” katanya. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *