Merauke Bikin Kejutan di Pemilihan Duta GenRe 2019 

Dewan Juri dari Universitas Cenderawasih Julius Ary Mollet, SE,MBA,MTDEV,PH.D berpose dengan pemenang III Duta GenRe dari Merauke, Delisa Ndun dan Antonius Fautngiljanan.

JAYAPURA (PB.COM)Kontestan pemilihan Duta GenRe 2019 tingkat Provinsi Papua dari Kabupaten Merauke tampil memukau Dewan Juri. Di ajang puncak pemilihan Duta GenRe yang berlangsung di Hotel @Hom Jayapura, Jumat (03/05/2019) itu, dua peserta yang mewakili Merauke yakni Delisa Ndun dan Antonius Fautngiljanan dari Universitas Musamus Merauke terpilih sebagai juara III.

Apresiasi untuk Merauke memang patut disampaikan.  Sebab selama 8 kali digelarnya pemilihan Duta GenRe, Merauke, Nabire dan Biak baru pertama kali mengikuti ajang ini. Dari 20 finalis yang masuk karantina di Jayapura, hanya 4 pasangan yang ditentukan meraih Juara I, II, III dan Juara  Favori, dimana Delisa dan Ndun adalah satu-satunya pasangan di luar Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Sementara Nabire dan Biak tidak mendapat juara sama sekali.

Kepala Bidang Partisipasi Masyarakat dan Keluarga Sejahtera pada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Merauke, Katarina Mardiana Ardamis mengapresiasi prestasi yang diraih Delisa dan Antonius sebagai juara III Duta Genre tingkat Provinsi Papua.

Kepala Bidang Partisipasi Masyarakat dan Keluarga Sejahtera pada DP3AP2KB Merauke Katarina Mardiana Ardamis.

“Padahal tahap seleksi waktunya tidak panjang, 1 hari mereka presentasi materi langsung penentuan seleksi peserta yang lolos ke Jayapura. Jadi kami bersyukur dalam persiapan yang sedikit, wakil kami bisa raih juara III. Juga rasa syukur karena ini pertama kami Merauke bisa ikut dalam ajang ini,” kata Katarina kepada papuabangkit.com di sela-sela pengumuman pemenang Duta Genre Papua 2019.

Menurut Katarina, beberapa tahun belakangan, kegiatan program GenRe di Kabupaten Merauke sempat vakum. Namun, dengan pelibatan Merauke dalam ajang pemilihan Duta GenRe tahun ini, pihaknya akan mengaktifkan kembali. Terutama, bekerja keras menyiapkan remaja di Merauke untuk mengikuti ajang bergengsi ini di tahun depan.

“Dengan adanya kegiatan ini, pemahaman mereka tentang GenRe bisa mereka tularkan kepada teman-teman di lingkungannya, baik di sekolah maupun di kampus mereka. Mereka akan menjadi motivator bagi semua sekolah dan kampus, karena mereka yang membuka jalan,” kata Katarina.

Delisa Ndun, konstestan dari Merauke peraih juara III mengaku sangat bersyukur bisa mengikuti ajang pemilihan Duta GenRe ini. Sebab dari 287 peserta yang ikut di seluruh Papua dan 20 peserta yang lolos ke final, dia dan pasangannya, Antonius Fautngiljanan mampu meraih juara III.

Delisa Ndun saat tampil di panggung malam puncak pemilihan Duta Genre.

Delisa berjanji, sekembalinya ke Merauke, akan memotivasi teman-teman di lingkungannya agar bisa mengenal lebih dekat apa itu program GenRe, sekaligus memberi pemahaman tentang persoalan-persoalan seputar dunia remaja.

“Terima kasih Tuhan Yesus sudah beri kami kesempatan, saya berharap tahun depan ada perwakilan dari Merauke yang bisa jadi pemenang. Nah ini tugas kami harus banyak perkenalkan Duta GenRe ke sekolah, kampus, ke komunitas-komunitas orang muda,” tegas Delisa. (Gusty Masan Raya)

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *