Pejabat Keuangan dan Bendahara Pengeluaran Dilatih Kelola Keuangan Daerah

Staf Ahli Gubernur Bidang SDM dan Kesra, Anni Rumbiak didampingi Kaban Keuangan dan Aset Daerah, Ridwan Rumasukun dan Kabiro Pemerintahan Sendius Wonda membuka kegiatan pelatihan.

JAYAPURA (PB.COM) – Pemerintah Provinsi Papua melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menggelar pelatihan bagi pejabat penatausahaan keuangan dan bendahara pengeluaran yang berlangsung di salah satu hotel di Jayapura, Kamis (16/5/2019).

Gubernur Papua dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur, Ani Rumbiak mengatakan, dalam rangka pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel, diperlukan SDM yang profesional, berkualitas, kompeten dan memiliki intergritas tinggi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Sesuai dengan Permendagri No 13 tahun 26 tentang pengelolaan keuangan daerah, yang mana sebagai daerah otonomi, merupakan upaya pemberdayaan daerah dalam pegambilan keputusan daerah, secara lebih leluasa dan bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya yang dimiliki sesuai dengan kepentingan , prioritas dan potensi daerah.

Kewenangan yang luas utuh dan bulat meliputi perencanaan pelaksanaan pengawasan, pengendalian dan evaluasi pada semua aspek pemerintah yang pada akhirnya harus di pertanggung jawabkan kepada pemberian wewenang dan masyarakat.

“Diharapkan melalui pelatihan ini dapat membentuk pejabat pengelola keuangan dan bendahara pengeluaran yang handal dan profesional sehingga dapat mewujudkan pengelolaa keuangan daerah yang transparan dan akuntabel,” harap Gubernur.

Selain itu diharapkan pula melalui kegiatan ini dapat mendukung terciptanya birokrasi pemerintahan pervinsi Papua yang kuat dan bersih menuju tercapainya Papua Bangkit Mandiri dan Sejahtera yang Berkeadilan.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh sejumlah pimpinan OPD dan bendahara pengeluaran di lingkup pemprov Papua. (Andi/Frida)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *