Mahasiswa Papua berprestas yang menempuh pendidikan di luar negeri.

JAYAPURA (PB.COM) – Pemerintah Provinsi Papua mengapresiasai capaian prestasi mahasiswa asli Papua yang mengambil studi di Amerika Serikat (AS), dimana sebagian besar di antaranya meraih nilai IPK di atas rata-rata.

Asisten Bidang Politik Pemerintahan Hukum dan HAM Setda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa mengaku heran atas prestasi anak-anak Papua di Amerika, yang dianggapnya jauh di bawah sejumlah negara-negara berkembang lainnya.

“Sehingga hal ini menjadikan saya terheran-heran dan tidak mengerti kenapa anak-anak Papua itu berprestasi di luar negeri namun tak demikian di Papua,” akunya heran.

Khusus di negara Amerika, terdapat lebih 325 anak anak Papua yang mengambil studi di sejumlah negara bagian. Dimana mereka meraih IPK yang luar biasa.

“Inilah sekali lagi yang membuat saya tidak mengerti kenapa IPK mereka tinggi tapi yang berkuliah di Indonesia turun,” ungkap Doren usai menerima perwakilan Universitas Rhode Island, Amerika Serikat, di ruangannya, Senin (27/5) lalu.

Dia berharap seluruh mahasiswa Papua yang mengambil studi di dalam negeri, agar dapat mencontoh prestasi yang diraih sejumlah mahasiswa di luar negeri. Dengan demikian, diharapkan mereka dapat kembali ke Papua untuk membangun negerinya sendiri.

Sebelumnya, Sherina Fernanda Msen, mahasiswi asal Papua yang mengeyam pendidikan di Universitas Corban Oregon Amerika Serikat,  berhasil mengharumkan Bumi Cenderawasih bahkan Indonesia, karena lulus dengan Magna Cum Laude atau predikat kehormatan.

Sherina mengambil jurusan Business Administration program Accounting Leadership And Management. Selain Sherina, mahasiswa asli Papua atas nama Yafeth Werijo yang mengambil jurusan Ministry Linguistics berhasil  mendapatkan penghargaan mahasiswa terbaik.

Sedangkan empat mahasiswa Papua yang juga diwisuda bersama 285 wisudawan lainnya dari berbagai negara, yakni Janet Theresia Matani mahasiswi jurusan Health Science, Maria Magdalena Pallo jurusan Education dan Intercultural, Maria Rosalia  Nasadit dan Marlina Sorabut, jurusan Business Administration program Accounting Leadership And Management.

Wisuda mahasiswa Papua tersebut disaksikan langsung Gubernur Papua, Lukas Enembe,S.IP,MH didampingi Ny.Yulce W Enembe bersama pejabat Papua. (Andi/Frida)

Facebook Comments Box