BKKBN Beri Penghargaan ke Motivator Program KB di Seluruh Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani memberikan penghargaan kepada peraih penghargaan satya lancana untuk motivator KB di Indonesia.

BANJARMASIN (PB.COM) –Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memberi penghargaan kepada para motivator program pemerintah yakni program keluarga berencana (KB) di seluruh Indonesia, pada puncak perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu (6/7/2019).

Penghargaan ini diberikan kepada individu, keluarga, tokoh masyarakat, mitra kerja maupun kepala daerah atas jasanya dalam program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di seluruh Indonesia.

“Atas nama Pemerintah Republik Indonesia, kami ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan,” ujar Kepala BKKBN Hasto Wardoyo dalam sambutannya pada peringatan Harganas ke-26.

Hasto yang baru menjabat Kepala BKKBN selama lima hari itu, juga menjadi salah satu kepala daerah penerima penghargaan Satya Lancana Pembangunan (SLP). Hal ini terjadi semasa ia menjabat sebagai Bupati Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Saya baru lima hari menjabat sebagai Kepala BKKBN, sebelumnya saya Bupati Kulonprogo. Kepada lainnya yang menerima penghargaan, saya berterima kasih atas segala komitmen saudara. Saya harap penghargaan ini akan menjadi pemicu semangat untuk terus memberikan dukungan terhadap Program BKKBN,” kata Hasto memberi semangat.

“Dengan penghargaan ini, tidak berarti kerja telah selesai. Tetapi justru menjadi komitmen untuk terus memajukan program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga,” ucapnya.

Ucapan selamat yang sama juga diberikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani dan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

“Penganugerahan ini merupakan merupakan bentuk apresiasi atas komitmen dan dukungan yang ditunjukkan saudara-saudara yang telah ikut berjasa dalam memajukan program KKBPK,” ujar Puan.

Atas nama Pemerintah Republik Indonesia, Puan mengatakan, penganugerahan ini, semakin memperteguh komitmen penerima penghargaan dalam memajukan kualitas kependudukan dan keluarga Indonesia, dan untuk tidak berhenti sampai di sini, akan tetapi terus berlanjut dalam kiprah di dalam masyarakat.

Penghargaan yang diberikan yakni Satya Lancana Pembangunan (SLP), Satya Lancana Wira Karya (SWK), Manggala Karya Kencana (MKK), Wira Karya Kencana (WKK), Dharma Karya Kencana, Cipta Karya Kencana dan Kampung KB Percontohan Terbaik.

Selain penghargaan Satya Lancana, BKKBN juga telah menyerahkan bantuan sosial dari Kementerian/Lembaga dan mitra kerja antara lain berupa buku seri Pendidikan Orang Tua dan Kartu Indonesia Pintar untuk 200 orang dari Kemendikbud, bantuan berupa perlengkapan sekolah dari BNI sebanyak 250 paket, bantuan berupa sembako dari BRI 300 paket dan dari Perum Bulog 500 paket, alat bantu dengar sebanyak 25 unit dari Asuransi Kredit Indonesia, Pil KB, kondom dan laktoboost dari DKT.

kemudian pemberian makanan tambahan untuk balita dan ibu hamil masing-masing ½ ton dan kartu indonesia sehat sebanyak 200 orang dari Kementerian Kesehatan, bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan berupa paket olahan ikan sebanyak 700 paket untuk peserta Genre Edu Camp dan peserta kegiatan lomba masak, bantuan Kartu Program Keluarga Harapan sebanyak 200 orang dari Kementerian Sosial, Bantuan Bibit Tanaman dan hewan ternak dari Kementerian Pertanian.

Bantuan stimulan perumahan swadaya (bedah rumah) untuk keluarga pra sejahtera sebanyak 357 unit dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, bantuan 2000 paket telur ayam dan susu dari PT Charoen Pokphand Indonesia, serta bantuan sosial dari BKKBN untuk kelompok UPPKS berupa Alat Teknologi Tepat Guna (ATTG) kompor gas dan oven 3 set, 1 buah mesin jahit dan 1 buah mesin bordir.

Pada momen puncak itu juga ada pemberian penghargaan rekor MURI atas pemberian kartu identitas anak (KIA) kepada 5.000 anak di Kalimantan Selatan oleh Pemerintah Provinsi Kalsel.

Pada kesempatan itu pula, Puan didampingi Menteri Kesehatan Nila Moeloek dan Ketua Umum Tim Penggerak PKK, Erni Guntarti Tjahjo Kumulo, berdialog melalui teleconference dengan masyarakat di Kampung KB Percontohan yang ada di Banjarbaru, Kalsel.

Peringatan Harganas ke-26 tahun ini mengambil tema, “Hari Keluarga, Hari Kita Semua. Cinta Keluarga, Cinta Terencana” dan tagline “Kalau Terencana, Semua Lebih Mudah”. (Frida Adriana)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *