Melalui PON XX Membuka Peluang Strategis Kunjungan Wisatawan ke Papua

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua, Yoseph Matutina.

JAYAPURA (PB.COM) — Perhelatan Pekan Olahraga Nasional  (PON) XX tahun 2020 di Provinsi Papua bakal membuka peluang strategis dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman)  dan wisatawan nusantara (wisnu) ke beberapa destinasi wisata di Bumi Cenderawasih.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua,  Yoseph Matutina di Jayapura, Selasa (9/7/2019) menyebutkan, setidaknya terdapat lima  obyek wisata menarik di Papua yang layak untuk dikunjungi antara lain, wisata Lembah Baliem di Kabupaten Jayawijaya, Raja Ampat di Provinsi Papua Barat, Teluk Cenderawasih, Danau Sentani di Kabupaten Jayapura dan  Desa Sauwandarek di Provinsi Papua Barat.

Menurut Yoseph, beberapa wilayah di Provinsi Papua memang cukup terkenal akan potensi Sumber Daya Alam (SDA),  yang  menjadi daya tarik para wisman dan wisnu. “Wisman dan wisnu tentunya akan bergerak mencari obyek –obyek wisata yang ada di Provinsi Papua,” tuturnya.

Menjelang pelaksanaan  iven  olahraga terbesar di Tanah Air ini,  kata Yoseph, Pemprov Papua dan Pemkab/Pemkot bersama pemandu-pemandu  wisata, Asosiasi Travel Agen Indonesia (ASITA), Perhimpunan Hotel dan Restoran  Indonesia (PHRI) dan lain-lain    saling bersinergi, untuk membenahi obyek-obyek wisata.

“Kita dan juga pemandu-pemandu  wisata, ASITA, PHRI dan lain-lain  nanti mereka juga akan menyiapkan paket- paket wisata bagi wisman  dan wisnu,” jelasnya.

Sementara itu, terkait promosi wisata, aku Yoseph, tentunya saat ini belum dilakukan. “Tapi kami sudah kemas nanti pada  momen  PON XX baru kita gencar promosi,” akunya.

Yoseph berharap masyarakat dapat melihat peluang PON XX,  untuk mengembangkan daya  kreatif dan inovasi  dalam meningkatkan  perekonomian rakyat, khususnya  di sektor wisata alam dan cinderamata lokal, seperti noken, topi dari burung cenderawasih, batik Papua, lukisan dari kulit kayu dan lain-lain. (Andi/Frida)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *