Masyarakat Diminta Bersabar Menghadapi Kemacetan Sejumlah Ruas Jalan di Kota Jayapura

Sejumlah ruas jalan di Kota Jayapura ditutup karena perbaikan infrastruktur.

JAYAPURA (PB.COM) – Masyarakat khususnya di Kota Jayapura diminta bersabar dalam menghadapi kemacetan di sejumlah ruas jalan akibat adanya perbaikan infrastruktur jalan yang akan berlangsung hingga beberapa bulan ke depan.

Kepala Dinas PUPR Provinsi Papua, Girius One Yoman di Jayapura, akhir pekan lalu mengatakan, perbaikan jalan ini dilakukan selain untuk kepentingan masyarakat pengguna jalan juga dalam rangka mendukung penuh sekaligus menyukseskan PON XX, yang akan diselenggarakan di Papua Oktober 2020 mendatang.

Perbaikan infrastruktur jalan ini dikerjakan oleh Dinas PUPR Provinsi bekerjasama dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XVIII Jayapura (BBPJN).

“Kami meminta kepada seluruh masyarakat yang di Papua khususnya dari daerah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Keerom untuk bersabar apabila ada kemacetan yang bakal terjadi akibat perbaikan sejumlah infrastruktur jalan seperti pelebaran ruas jalan dari Zipur Waena menuju Abepura dan perbaikan jalan akibat longsor di samping Kalam Kudus Jayapura,” pinta Yoman.

“Kami mau kerja untuk mendukung penuh PON XX Tahun 2020 di Papua. Untuk itu, saya mengharapkan masyarakat bisa bersabar dan mengatur jadwal apabila melakukan perjalanan khususnya masyarakat yang bekerja demi kemajuan pembangunan di Papua,” sambungnya.

Menurut Yomam, sesuai instruksi dan perintah Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH bahwa perbaikan kedua ruas jalan ini sudah harus dilakukan demi kelancaran pelaksanaan PON XX di Papua.

Oleh karena itu, pihaknya bersama BBPJN XVIII Jayapura bersama-sama melakukan perbaikan ruas jalan tersebut. “Saya hanya berharap masyarakat bersabar dan bisa mengatur jadwal apabila ingin melakukan perjalanan lebih khusus yang ingin bekerja,” pintanya lagi.

Ia menambahkan, arus lalu lintas yang ditutup seperti jalan menuju Kalam Kudus Jayapura memang sudah ditutup.

Hal itu dilakukan supaya tidak mengganggu proses pekerjaan oleh masyarakat yang menggunakan transportasi baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Bahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam hal ini Satuan Lalu Lintas untuk bersama-sama mengawal proses perbaikan jalan ini.

“Masyarakat bisa menggunakan jalan alternatif yakni dari Kodam menuju Kantor Walikota, Kotaraja dan Waena. Ini satu-satunya jalur yang bisa digunakan untuk menghindari kemacetan akibat pekerjaan perbaikan ruas jalan,” ujarnya.

Yoman mengajak masyarakat khususnya yang tinggal di Sentani, Kabupaten Jayapura tapi bekerja di Kota Jayapura supaya bisa lebih cepat melakukan perjalanan menuju tempat kerjanya dengan melewati jalan alternatif.

Menurutnya, bukan saja jalur alternatif yang menjadi solusi kemacetan, namun jalan Ring Road juga bakal membantu mengatasi kemacetan.

“Ring Road dalam waktu dekat akan diresmikan. Kami sudah berkordinasi dengan kepolisian dalam hal melakukan rekayasa jalan dari Hamadi menuju Tanah Hitam, Abepura dan Kotaraja,” pungkasnya. (Andi/Frida)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *