Bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten Yahukimo saat didarati pesawat Hercules milik TNI AU.

DEKAI (PB.COM)—Guna menjaga aspek keamanan dan keselamatan penerbangan udara, Bupati Kabupaten Yahukimo Abock Busup, MA menghimbau kepada masyarakat Yahukimo untuk segera mengatur bangunan rumah yang berada didalam Kawasan Keselamatan Operasional Pesawat (KKOP) Bandara Nop Goliat Dekai.

“Hal ini dalam rangka mematuhi pengawasan, pengendalian keamanan dan ketertiban KKOP pada Bandara Udara Nop Goliat Dekai, maka seluruh masyarakat dihimbau untuk mengatur bangunan-bangunan rumah dan tanaman serta pohon-pohon yang tinggi yang berada di sekitar bandara,” kata Bupati abock busup di Dekai, Kamis (24/7/2019).

Bupati abock juga meminta masyarakat Dekai agar tidak berada dan melakukan kegiatan apapun didalam kawasan lepas landas pesawat atau approach and take-off area Bandara Nop Goliat. Termasuk, membangun rumah dan kios, melepaskan hewan peliharaan di areal bandara, dan  merusak lampu dan pagar bandara.

Menurut Abock, area yang menjadi kawasan pengembangan fasilitas adalah mulai dari kompleks Jhon Banua, barak Pemda lama, Telkomsel, Sosial, Paradiso, dan Bintang Timur. Bagi warga yang tinggal di area ini agar segera merelokasi penduduknya.

“Tanpa terkecuali kepada siapapun yang melakukan tindakan yang melanggar serta tidak mengindahkan, maka akan dikenakan sanksi hukum,” tegas Ketua DPW PAN Papua ini.

Dia menambahkan, hal ini dilakukan untuk menata tata ruang kota dan mengendalikan daerah sesuai dengan undang-undang nomor 1 tahun 2009 tentang  pemerintah daerah serta menetapkan rinci tata ruang kawasan di sekitar Bandar udara dengan memperhatikan rencana induk dan rencana nasional Bandar udara. (Paul Karma/Diskominfo Yahukimo)

Facebook Comments Box