Gubernur Papua Ingin Kepala OPD Baru Harus Loyal dan Bekerja dengan Hati

Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP.MH

JAYAPURA (PB.COM) – Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, SIP.MH dalam waktu dekat akan melantik sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup pemerintahannya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Papua telah melakukan perampingan OPD dari 53 OPD menjadi 34 OPD. Terkait pelantikan OPD, Gubernur Papua meminta agar pimpinan OPD yang nanti akan dilantik harus bersikap loyal terhadap pimpinan dan mendengar setiap apa yang diperintahkan.

“Nanti pejabat eselon II ikut seleksi, tapi saya akan cari orang yang loyal dan mau dengar-dengaran,” tegasnya saat diwawancarai pers di Gedung Negara Dok V Jayapura, Jumat (16/8/2019) sore.

Selain loyal, pimpinan OPD yang dilantik juga harus bekerja dengan hati. Gubernur mengakui, pemerintah Provinsi Papua sudah membentuk tim seleksi pejabat eselon II yang akan menduduki jabatan di lingkungan Pemprov Papua.

“Jadi, kami sudah membentuk tim seleksi kepala OPD baru, mereka masih melakukan konsultasi lagi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Jakarta,” akunya.

Di kesempatan itu, Gubernur Lukas Enembe juga sempat mengomentari kepala OPD yang akan menduduki jabatan Kepala Bappeda Papua. Menurut dia, orang yang akan menduduki jabatan tersebut harus betul- betul membuat perencanaan pembangunan yang baik.

“Jangan buat perencanaan sepotong-sepotong, sehingga pembangunan tidak kelihatan. Nanti kita buat perencanaan yang panjang, agar pembangunan itu kelihatan, kita mungkin ke depan akan buat Kota Jayapura ini lebih bagus lagi,” ungkapnya.

Gubernur menambahkan, untuk penyusunan APBD Induk tahun 2020 yang dilakukan Pemerintah Provinsi Papua mengacu pada 34 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang merupakan hasil perampingan yang telah dikonsultasikan ke Pusat. “Untuk APBD induk 2020 yang akan dibahas di DPR Papua, bukan 53 lagi tetapi 34 OPD,”  pungkasnya. (Andi/Frida)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *