Ketua Pemprov Percasi Papua yang juga Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal menutup Turnamen Catur, Jumat (16/8/2019) malam.

JAYAPURA (PB.COM) – Ketua Pemprov Percasi Papua yang juga Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal mengakui animo anak-anak Papua bermain catur sangat besar. Terbukti dengan banyaknya peserta yang ikut dalam Turnamen Catur dalam rangka memperingati Hut RI ke-74 tahun 2019 dan memperebutkan piala Ketua Pemprov Percasi Papua, yang digelar di Jayapura, 14 – 16 Agustus 2019.

“Ini kejuaraan yang pertama, dan harapan saya tahun depan ada lebih banyak lagi perwakilan anak anak  dari 29 kabupaten/kota se-Papua,” kata Klemen usai menutup Turnamen Catur, Jumat (16/8/2019) malam.

Menurut dia, iven seperti ini harus sering diselenggarakan dengan demikian bisa mengasah kemampuan mereka (anak-anak) bermain catur dan bisa berprestasi di tingkat Nasional.

“Ya, saya menyambut gembira kejuaraan ini, anak-anak sekolah juga sangat antusias bertanding, ini menjadi modal besar bagi  Percasi untuk membuat program kerja tahun 2020 dan menggelar event ini lagi,” ucapnya.

Dalam turnamen ini, tim catur Kota Jayapura keluar sebagai juara umum dengan meraih 3 medali emas, 4 perak dan 3 perunggu. Disusul Kabupaten  Jayapura di posisi kedua dengan merebut 3 medali emas, 3 perak dan 4 perunggu.

Klemen mengatakan, kejuaraan ini akan kembali digelar tahun depan, dan diharapkan kepada Kota Jayapura sebagai juara umum dan kabupaten lainnya untuk mempersiapkan atletnya dengan baik.

Menurutnya, piala bergilir Ketua Pengprov Percasi akan diperebutkan setiap tahun, jika ada kabupaten atau kota yang juara tiga kali berturut-turut, maka, piala bergilir ini menjadi miliknya.

Di kesempatan itu, Klemen juga mengimbau kepada para pengusaha di Provinsi Papua untuk terlibat dan mendukung setiap iven olahraga di Tanah Papua.

Dalam turnamen ini juga diikuti atlet catur dari Provinsi Sulawesi Utara dan Sumatera Utara.

Berikut daftar juara Open Turnamen Catur dalam rangka memperingati Hut RI ke 74 tahun 2019, kategori senior (umum) juara pertama, Sukarnedi (Medan), juara kedua, Badrus (Kota Jayapura) juara ketiga, Saiful (Kabupaten Jayapura).

Kategori SMA Putra Juara Pertama Arya Ashari ( Kabupaten Jayapura), kedua, Rional (Kota Jayapura) dan juara ketiga Ibrahim Putra (Kota Jayapura), kelompok SMA Putri, juara pertama Sofia (Kabupaten Jayapura), kedua Anisa ( Kota Jayapura) dan juara ketiga Feriana Hokoyoku (Kabupaten Jayapura).

Kategori SMP putra, juara pertama Ahmad Rizky (Kota Jayapura), juara kedua Noval Tatayol (Kabupaten  Jayapura) dan ditempat ketiga Adriano Korwa (Kota Jayapura), kelompok putri, juara pertama Rut Tasya Pulanda (Kota Jayapura), juara kedua Aan Sibi (Kota Jayapura), ketiga Dona Aurel ( Kota Jayapura).

Kategori SD putra, juara pertama Cristian Ibo ( Kabupaten Jayapura), kedua, Efod Basudewo (Kabupaten Jayapura) Juara ketiga M Hasril Julio (Kota Jayapura). Kelompok putri, juara pertama Vindi Mansnembra (Kota Jayapura), kedua, Netanya Pakolo (Kabupaten Jayapura) dan juara ketiga Safira P Ramadani (Kabupaten Jayapura). (Andi/Frida)

Facebook Comments Box