Kemajuan Kampung KB Okoloma Mendapat Apresiasi

Wakil Gubernur Klemen Tinal, SE.MM bersama Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Yolanda Tinal bersama Bupati dan Wakil Bupati Jayawijaya saat memasuki Kampung Okoloma, Distrik Pisugi, Jayawijaya.

JAYAPURA (PB.COM)—Di sela-sela kegiatan puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK yang ke-47 dan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang ke-XXVI tingkat Provinsi Papua di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin (26/08/2019), Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, SE.MM beserta Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Papua dan seluruh kabupaten/kota, didampingi Kepala Perwakilan BKKBN Papua Sarles Brabar, SE.M.Si, Bupati Jayawija John R. Banua dan Direktur Bina Kesertaan Keluarga Berencana Jalur Wilayah dan Sasaran Khusus pada BKKBN Pusat Drs. Nerius Auparay, M.Si mengunjungi Kampung KB Okoloma, Distrik Pisugi, Jayawijaya.

Okoloma adalah Kampung Keluarga Berencana (KB) yang dibentuk BKKBN Papua tiga tahun lalu. Letaknya sekitar sepuluh kilometer sebelah barat Kota Wamena.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Sarles Brabar, SE.M.Si ditemui papuabangkit.com, Rabu (28/08/2019) mengatakan, sejak pencanangan Okoloma menjadi Kampung KB, masyarakat di kampung itu mendapat sejumlah bantuan dari Pemda Jayawijaya, di antaranya pertanian dan peternakan.

“Dan Pak Wakil Gubernur mengakui bahwa masyarakat di Kampung Okoloma sangat antusias. Karena kita sudah mengedukasi dan memberi pemahaman bahwa Kampung KB ini dibenntuk bukan bertujuan agar masyarakat di kampung itu ikut KB semua, tidak! Tetapi kampung KB itu kampung dimana kita kerja bersama, dimana kita bersinergi dan berkolaborasi dengan intansi atau dinas manapun untuk bersama-sama membangun masyarakat di kampung itu di berbagai aspek,” kata Sarles.

Menurut Sarles, selama ini sejumlah pihak masih salah persepsi tentang apa itu Kampung KB. Sesungguhnya  Kampung KB, kata Sarles, tidak sama sekali berbicara tentang alat-alat kontrasepsi dan pembatasan jumlah anak melainkan kerja bersama antarintansi atau OPD untuk bersinergi membangun masyarakat di kampung itu dengan aneka program nyata.

“Saya berterima kasih kepada Wakil Gubernur Pak Kelemen Tinal yang sangat antusias dan positif mendukung program kami ini. Beliau sangat paham sekali atas apa yang kami kerjakan, saya sangat apresiasi itu. Sebab kita BKKBN benar-benar bekerja untuk berdayakan potensi masyatakat di Kampung KB. Jangan biarkan mereka hanya tunggu bantuan dari pemerintah. Saat ini Pemda Jayawijaya sudah beri bantuan untuk pertanian dan peternakan dan sudah berjalan sangat bagus. Wakil Gubernur dalam kunjngan itu juga janjikan air bersih,” katanya.

Sarles juga mengapresiasi Bupati Jayawijaya John R. Banua yang sangat antusias mendukung program KB di wilayahnya. Berkat dukungan Pemda Jayawijaya, Kampung Okoloma yang dulu kurang perhatian kini semakin maju dan diberdayakan.

“Beliau luar biasa, dia selalu mendorong pelayanan kesehatan, posyandu dan menjaga agar jarak kelahiran anak demi kesehatan ibu dan anak. Kita juga bekerjasama sudah siapkan Rumah Data Kependudkukan dan kita ingin ke depan Okoloma ini menjadi salah satu model Kampung KB di wilayah Pegunungan Tengah Papua,” tegas Sarles. (Gusty Masan Raya)

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *