Yahukimo Aman, Masyarakat Beraktivitas Normal

Asisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi Setda Kabupaten Yahukimo, Elai Giban, SE.MM saat menenangkan warga di Dekai Yahukimo, Senin (26/08/2019)

JAYAPURA (PB.COM)—Kondisi Kabupaten Yahukimo di Provinsi Papua hingga Rabu (28/08/2019) aman dan kondusif. Masyarakat di  Kota Dekai, Ibukota Kabupaten Yahukimo beraktivitas seperti biasa. Pasar dan pertokoan dibuka seperti biasa. Hanya saja, kegiatan belajar mengajar di sekolah-sekolah masih belum berjalan.

“Memang sesudah demo damai tanggal 22 Agustus, ada isu yang beredar bahwa ada demo anarkis pada tanggal 26 Agustus. Ternyata itu hanya Cuma isu dan hoax. Dan itu buat masyarakat pendatang di Dekai sudah mengungsi di aula Polres Yahukimo, Kodim 1715 Yahukimo, Koramil dan masjid. Setelah saya berkoordinasi dengan KPNB ternyata taka da rencana demo. Jadi itu isu dari orang yang tidak bertanggungjawab,” ujar Asisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi Setda Kabupaten Yahukimo, Elai Giban, SE.MM kepada papuabangkit.com melalui telepon selulernya, Rabu (28/08/2019).

Menurut Giban, akibat isu demo susulan pada Senin lalu, sebanyak 763 warga pendatang di Kota Dekai. Mereka mengaku ketakutan terkait adanya isu demonstrasi susulan dan mencegah terjadinya tindak anarkis. Walau telah mendapat penjelasan dari pihak keamanan terkait berita demo tersebut adalah bohong, namun mererka tidak berani untuk kembali ke rumah masing-masing.

“Senin itu, saya dengan Pak Kapolres jam 12 siang itu kita sudah himbau melalui Radio Bumi Sumohai kemudian kita turun lapangan mengarahkan agar masyarakat kembali ke rumah masing-masing dan beraktivitas seperti biasa. Soal sekolah yang belum beraktivitas, kami akan rencana menyurat ke sekolah-sekolah sehingga Senin bisa kembali beraktivitas,” kata Giban.

Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Yahukimo dan pihak aparat keamanan menghimbau kepada seluruh masyarakat yang berdomisili di Dekai agar tidak mudah terprovokasi dengan berbagai isu yang berkembang. Masyarakat juga diminta tetap tenang  dan menjalankan aktivitasnya seperti biasa.

“Harapan saya mewakili pemerintah daerah agar isu-isu yang tidak bertanggung jawab ini dihentikan dan masyarakat hidup tenang dan damai. Sebab  terkait kejadian di Jawa Timur, sebagai sikap solidaritas, masyarakat sudah sampaikan aspirasi kepada Gubernur Papua melalui Bupati Yahukimo. Karena itu, mari kita jaga kondisi keamanan daerah,” tegasnya.

Kapolres  Yahukimo  AKBP Angling Guntoro, S.IK mengatakan Kota Dekai adalam dalam situasi aman dan terkendali. Untuk itu ia meminta masyarakat tidak perlu panik dan termakan hoax.

“Sebab pihak keamanan siap untuk memberikan kenyamanan keamanan untuk semua masyarakat di Dekai dan Yahukimo,” tegas Kapolres. (Gusty-Paul/Diskominfo Yahukimo)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *