Pertama Kalinya Operasi Laraskopi Disiarkan Langsung dari RSUD Jayapura Disaksikan 7 Negara

Suasana live demo Asia Pasific Hernia Society (APHS) Confrence di Aula RSUD Jayapura, Kamis 3 Oktober 2019.
JAYAPURA (PB.COM) – Untuk pertama kalinya operasi laparaskopi penyakit Hernia yang berlangsung di RSUD Jayapura Papua disaksikan secara live oleh tujuh negara di Asia.

Menarik, karena operasi ini dipimpin oleh dokter spesialis bedah, Prof Dr. Donald Aronggear Sp.B, yang notabene merupakan putra asli Papua pertama yang meraih gelar Professor untuk bidang kedokteran.

“Video live  yang disaksikan oleh Asia Pasific,  dalam operasi hernia ini hal luar biasa,  yang mana dokter Donal telah membuktikan, bahwa anak Papua juga bisa dalam aspek kesehatan,” puji Sekertaris Daerah Papua, Hery Dosinaen yang menyaksikan proses operasi secara langsung dari layar proyektor di RSUD Jayapura bersama jajaran manajemen dan dokter RSUD Jayapura, perwakilan Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih (Uncen), dan OPD terkait, Kamis (3/10/2019).

Live Demo Asia Pasific Hernia Society (APHS) Conference ini disaksikan langsung dari tujuh negara di Asia antara lain, Tiongkok, Australia, Taiwan, India, Singapura, Korea Selatan, Indonesia (Denpasar dan Papua).

Menurut Hery, dengan mengoperasikan teknologi canggih (laparaskopi) saat proses bedah, ini dapat memotivasi anak-anak muda Papua untuk berpacu dalam meningkatkan kemampuan, terutama dalam aspek kedokteran.

“Kami harap akan ada banyak lagi dokter  dokter spesialis lainnya yang bisa mengikuti jejaknya (dokter Donald),” ungkap Sekda Hery yang mengaku terkesan dan memberi apresiasi terhadap pencapaian dokter Donald.

Usai menyaksikan live operasi Hernia, dilanjutkan dengam pemaparan master plan pembangunan RSUD Jayapura oleh Pelaksana tugas (Plt) Direktur RSUD, Drg Aloysius Giyai dan pemaparan kondisi terkini korban kerusuhan Wamena oleh Dr Silwanus Sumule SpOG. (Andi/Frida)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *