Diskominfo Papua Dorong Ketersediaan Akses Fiber Optik untuk Venue PON di Merauke

Tim TIK Diskominfo Papua.

MERAUKE (PB.COM) – Sejumlah Venue PON di Kabupaten Merauke belum tersedia akses fiber optik. Seperti venue balap motor, Stadion Katapel serta beberapa rumah susun yang menjadi lokasi penginapan atlet.

Terkait itu Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Papua terus mendorong suksesi PON XX 2020 melalui bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Banyak masukan yang dihasilkan dari agenda pertemuan itu dengan Pemda Merauke pada Jumat (4/10/2019). Di antaranya, kebutuhan akan dukungan Infrastruktur TI di venue balap motor. Karena akses yang cukup jauh, venue balap motor di Merauke ini belum tersedianya akses kabel fiber optik seperti diungkapkan oleh PT. Telkom wilayah Merauke,” ungkap Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Dinas Kominfo Papua, Jeri Agus Yudianto, dalam rilisnya Senin (6/10/2019).

“Selain itu di Stadion Katapel dan beberapa  rumah susun sebagai lokasi penginapan atlet, juga masih butuh dukungan gelaran jaringan data,” lanjut Jery yang sebelumnya bersama tim juga telah melakukan sosialisasi sistem aplikasi dan peran teknologi informasi secara marathon di cluster di Kabupaten Mimika serta Kota dan Kabupaten Jayapura.

Di samping ketersediaan infrastruktur yang tidak kalah pentingnya, Kabupaten Merauke juga membutuhkan ketersediaan  sumber daya manusia (SDM) teknologi informasi sebagai pengelola SIM PON.

“Sehingga harapannya bila ada SDM yang memadai maka output aplikasi yang disiapkan saat PON berlangsung itu, bisa digunakan serta dimanfaatkan secara baik,” harapnya.

Diketahui, rapat koordinasi dan sosialisasi bidang TIK tersebut, dipimpin kepala dinas olahraga Kabupaten Merauke selaku Wakil Ketua I PB PON XX Sub Kab. Merauke.

Turut hadir Sekretaris KONI Merauke, Kadis Kominfo Merauke serta jajaran pemerintah daerah terkait. (Andi/Frida)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *