Iven Demokrat Grasstrack Championship 2019 Resmi Dibuka

Demokrat Grasstrack Championship 2019, resmi dibuka oleh Wakil Ketua I DPD Partai Demokrat Papua, Ricky Ham Pawagak, di Sirkuit IOF Otonom Kotaraja, Jayapura,  Jumat (18/10/2019) siang.

JAYAPURA (PB.COM)  – Demokrat Grasstrack Championship 2019, resmi dibuka oleh Wakil Ketua I DPD Partai Demokrat Papua, Ricky Ham Pawagak, Sirkuit IOF Otonom Kotaraja, Jayapura,  Jumat (18/10/2019) siang.

Ini merupakan iven Grasstrack pertama kalinya yang digelar oleh partai Demokrat dalam rangka melakukan penjaringan atlet yang akan bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020, yang akan digelar di Provinsi Papua.

Selain itu, iven ini juga untuk mengajak kaum millennial di Papua melakukan kegiatan positif sejalan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober mendatang.

 “Iven ini dibuka untuk mempersiapkan anak bangsa di tanah Papua dalam rangka mengikuti PON tahun 2020 yang  akan dilaksanakan tahun depan,” ujar Wakil Ketua DPD I Demokrat Papua, Ricky Ham Pagawak.

Kegiatan ini juga dalam rangka mengembalikan psikologi masyarakat Papua yang dalam dua bulan terakhir ini diterpa konflik sosial baik di Kota Jayapura maupun di Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

“Yang mana dilanda dengan kerusuhan baik Jayapura maupun Wamena sehingga banyak masyarakat yang mengungsi keluar Papua. Oleh karenanya dengan iven ini kita ingin mengembalikan psikologi masyarakat,” ungkap Ham  Pagawak.

Bupati Mamberamo Tengah ini juga berpesan kepada setiap peserta agar berkompetisi secara sportif.

“Jangan sampai kita (lepas kontrol sehingga) alami hal yang tidak diinginkan,” pesannya.

Ham juga berharap melalui momentum ini, dapat membuka kasih persaudaraan antara orang asli Papua (OAP) dan pendatang diatas tanah Papua.

“Saya harap dalam pertandingan ini tidak ada perbedaan antara OAP dan pendatang. Karena kita sama-sama ada di Papua,” harapnya seraya menambahkan iven ini tak akan berhenti di tahun ini. Namun bakal digelar setiap tahun di tempat yang lebih baik dan layak.

 Eko Sudaryo, Ketua Panitia mengatakan, kegiatan yang masih dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2019 yang ke 91 ini, bertujuan menyalurkan hobi dan bakat anak muda maupun kaum milenial yang memiliki potensi dan prestasi pada cabang olahraga bermotor.

“Sebab saat ini pula banyak sekali anak muda yang terlibat kecelakaan saat berlalu lintas dengan kendaraan roda dua. Yang mana ini kami lihat sangat merugikan generasi penerus bangsa,” ucapnya.

“Untuk itu, kami dari panitia memandang perlu melakukan kegiatan olahraga yang sifatnya untuk menyalurkan keinginan dan bakat anak muda Papua melalui kejuaraan grasstrack ini,” sambungnya.

Diketahui, Demokrat Grasstrack Championship 2019 ini diikuti 148 peserta yang mendaftar dengan jumlah stater sebanyak 267. Diantara peserta juga terdapat pembalap dari Kota dan Kabupaten Jayapura, Keerom dan Merauke. Adapun peserta dari luar Provinsi Papua, yakni Manokwari, Sulawesi Utara, Palu dan Jakarta.

Kejuaraan ini juga akan diikuti perwakilan TNI/Polri.  Memperlombakan sebanyak 18 kelas dan berlangsung sejak 18 s/d 20 Oktober mendatang. Dengan total hadiah sebesar RP 150 Juta dan dua sepeda motor untuk juara umum tingkat senior dan yunior. (Andi/Frida)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *