BKKBN Lakukan Sosialisasi KB dan Pelayanan Vaksetomi di Biak

Sosialisasi KB Pria di Rumah Sakit Angkatan Laut Biak

JAYAPURA (PB.COM)—Sebanyak 7 akseptor pria di Biak Numfor Papua menjalani vaksetomi atau Medis Operasi Pria (MOP) di RS Angkatan Laut DR. R. Gandhi AT, Biak, Rabu (23/10/2019). Pelayanan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Perwakilan BKKBN Provinsi Papua yakni sosialisasi KB bagi akseptor pria di Biak Numfor.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua Sarles Brabar, SE.MM menjelaskan usai sosialisasi, tujuh pria ini meminta para dokter agar menjalani vaksetomi secara sukarela. Kegiatan ini menghadirkan konsultan dari Jayapura yakni dr. Hermanus Suhartono, Sp.OG(K).

“Setelah kita selesai sosialisasi KB di RS Angkatan Laut, ada 7 bapa yang minta untuk jalani vaksetomi. Jadi  kita minta para dokter langsung layani vaksetomi,” kata Sarles kepada papuabangkit.com di Jayapura.

Selain itu, kata Sarles, selama di Biak pihaknya juga melakukan ujicoba pendataan keluarga tahun 2020 di 4 Kampung KB yakni Binyeri, Rimba Jaya, Mariendi dan Samau. Ujicoba pendataan ini dilakukan secara serentak di 8 daerah di Indonesia, termasuk di Papua.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua Sarles Brabar, SE.MM menyerahkan blangko dan marchindise uji coba pendataan keluarga tahun 2020 di 4 Kampung KB di Biak secara simbolis kepada kader.

“Setiap kampung hanya 40 KK yang diambil sampelnya lalu akan dikaji. Semua ini bertujuan untuk mendukung penyusunan RPJMN 2020-2024 bagi program Kependudukan dan Keluarga Berencana. Kemudian, kami juga melakukan pertemuan dengan para kader, kesulitan apa yang mereka peroleh saat mereka mengambil data,” kata Sarles.

Hari ini, Kamis (24/10/2019), lanjut Sarles, pihaknya melanjutkan kegiatan kemitraan di Kampung Rimba Jaya dihadiri oleh Direktur Bina Kesertaan Keluarga Berencana Jalur Wilayah dan Sasaran Khusus pada BKKBN Pusat Drs. Nerius Auparay, M.Si

“Mereka ingin melihat Kampung KB di Biak seperti apa, terutama kolaborasi antara BKKBN dan Pemda setempat dalam hal ini intansi terkait dalam membangun Kampung KB,” kata Sarles. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *