Sambut HUT Sumpah Pemuda, Dinkes Papua dan OKP Cipayung Gelar Senam Sehat dan Donor Darah

Kepala Dinas Kesehatan Papua drg. Aloysius Giyai ketika memberikan sambutan.

JAYAPURA (PB.COM)-Dinas Kesehatan Provinsi Papua bersama kelompok OKP Cipayung Papua di antaranya PMKRI, GMNI, GMKI, HMI dan PMII menggelar aksi donor darah dan senam sehat di halaman Kantor Dinas Kesehatan Papua, Jumat (25/10/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Papua drg. Aloysius Giyai, M.Kes mengatakan pihaknya menggandeng OKP Cipayung Papua guna membangun kemitraan dan sinergitas dalam pembangunan kesehatan.

Menurut Aloysius, keterlibatan semua OKP Cipayung ini menunjukkan persatuan di tengah keberagaman karena kondisi hari ini menunjukkan bahwa bangsa kita rentan mengalami perpecahan akibat perbedaan agama, suku dan ras.

“Ini juga dalam rangka HUT Sumpah Pemuda. Kita butuh pemuda yang sehat secara fisik dan mental untuk membangun bangsa, khususnya membangun Papua. Nanti ada kegiatan sosial lain. Ini bukti kepedulian para pemuda. Salut,” kata Aloysius.

Ketua HMI Kota Jayapura Haryanto Rumagia mengatakan sebagai organisasi kepemudaan pihaknya perlu bersinergi dengan Dinas Kesehatan karena bidang kesehatan adalah tanggung jawab bersama, termasuk pemuda.

“Kami lihat ada energi dan visi yang selalu baru dari Kepala Dinas dokter Aloysius dengan gebrakan-gebrakan programnya. Kami siap dukung dan kawal kerja Dinas Kesehatan untuk membuat perencanaan kesehatan yang baik demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Papua,” kata Rumagia.

Dalam rencana, kata Rumagia, pekan depan akan dilakukan bakti sosial, pengobatan gratis dan seminar.

Sementara itu ketua PMKRI Cabang Jayapura St Efraim Wakol Yelipele mengatakan pihaknya mengapresiasi kegiatan ini untuk menyadarkan kaum muda di Papua tentang arti hidup sehat.

“Kita sama-sama komitmen kawal pelayanan kesehatan dan terutama mencegah masalah sosial yang mengancam kaum muda Papua saat ini seperti miras, narkoba, ganja dan seks bebas,” kata Yalipele.

Kegiatan ini diikuti oleh staf Dinkes Papua, pengurus dan anggota OKP dan sejumlah siswa SMK Negeri 3 Jayapura dan SMA Negeri 2 Jayapura. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *