Sekretaris Daerah Provinsi Papua, T.E.A. Hery Dosinaen, S.IP.M.KP.M.Si

JAYAPURA – Pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan 35 pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Papua direncanakan awal Januari 2020.

Sekretaris Daerah Provinsi Papua, T.E.A. Hery Dosinaen, S.IP.M.KP.M.Si di Jayapura, Kamis (31/10/2019) menyebutkan, saat ini delapan pimpinan OPD masih melakukan job fit. Selain itu, Provinsi Papua juga telah mengumumkan secara terbuka terkait lelang jabatan.

“Lelang jabatan ini terbuka bagi siapa saja yang ingin mengikuti tes,” ungkap Sekda.

Hal ini menurutnya, sesuai rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) atas surat Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai pembina kepegawaian di pemerintahan Papua.

“Dari surat gubernur, KASN telah merekomendasikan tiga kategori yakni ada yang pengukuhan, job fit dan lelang terbuka,” ujarnya.

 Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe menegaskan  pimpinan 35 OPD di lingkungan pemerintah provinsi Papua hasil perampingan akan diisi oleh para pejabat yang berkompeten, handal, profesional dan berintegritas tinggi.

“Semua harus melalui uji kompetensi dan memenuhi syarat, dengan harapan keberadaan OPD yang baru ini mampu menjawab permasalahan yang selama ini belum terlaksana dengan baik,” kata Gubernur.

 Dia menjelaskan sesuai aturan ASN akan ada seleksi terbuka yang bisa diikuti siapa saja, namun soal lulus akan ada tim seleksi yang menilai.

“Yang memenuhi syarat itulah yang akan lolos. Sementara yang tidak lolos atau mendapat kesempatan otomatis berakhir (non job),” tandasnya. (Andi/Frida)

Facebook Comments Box